2019, Pemprov Riau Siapkan Rp200 Miliar Untuk Pendidikan Gratis

2019, Pemprov Riau Siapkan Rp200 Miliar Untuk Pendidikan Gratis

PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp200 miliar untuk pendidikan gratis bagi siswa-siswi SMA/SMK se-derajat.

"Ini anggarannya sedang kita bahas, kita siapkan Rp200 miliar untuk pendidikan gratis, nantinya akan meringankan beban orang tua siswa maupun siswi di sekolah tingkat SMA/SMK sederajat," kata Noviwaldy Jusman di Pekanbaru, Rabu (14/11/2018).

Politisi Demokrat Riau tersebut, mengatakan program pendidikan gratis meliputi, buku gratis, Lembaran Kegiatan Sekolah (LKS) dan lainnya yang semuanya akan dibebankan ke APBD Riau 2019.

"Jika program ini terlaksana, maka yang demikian akan dibebankan ke APBD Riau, orang tua hanya perlu membeli seragam sekolah dan itu pun dibeli di luar sekolah, tidak di sekolah," ujarnya.

Legislator asal Pekanbaru ini menyebut, Gubernur Riau terpilih, Syamsuar sudah menyetujui program dicanangkan pada APBD tahun depan.

"Pak Syamsuar sudah sepakat dengan ini. Jadi nantinya, sekolah tidak diperkenankan lagi melakukan pungutan yang ujung-ujungnya dibebankan ke orang tua murid," jelasnya.

Bukan hanya siswa, peningkatan kualitas guru juga akan dilakukan. Seperti menaikkan insentif guru dan memberikan pelatihan-pelatihan.

"Pelatihan guru perlu lebih ditingkatkan. Jadi nantinya siswa tidak perlu les di luar sekolah, cukup di sekolah saja," terangnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan berjuang memasukkan anggarannya dalam APBD Riau tahun 2019. Dia menegaskan, anggaran daerah sangat memungkinkan untuk itu.

"Anggaran kita sangat memungkinkan. Yang jelas, kami tidak mau dengar lagi, ada siswa tidak menerima ijazah karena belum bayar ini itu segala macam. Ini baru di tingkat sekolah provinsi, yang kabupaten/kota juga akan kita usahakan," tuturnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri