Sambut PIN, Diskes Pekanbaru Taretkan 64.256 Balita

Sambut PIN, Diskes Pekanbaru Taretkan 64.256 Balita
Ilustrasi/net

PEKANBARU – Jelang Pekan Imunisasi Nasionall (PIN) yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 15 maret 2016 mendatang, Dinas Kesehatan (Diskes) kota Pekanbaru sedang menggalakkan sosialisasi. Untuk kali ini target keikutsertaan sebanyak 64.256 balita.

Demikian disampaikan Kepala Diskes kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Pengendalian Kesehatan Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, Gustiyanti, Rabu (2/3/2016) di Pekanbaru. Dia optimis, 90 persen dari total keseluruhan bisa terealisasi.

"Untuk tahun ini jumlah sasaran kita memang mencapai 64.256 orang dan target untuk PIN ini adalah harus diatas 90 persen dari total keseluruhan. Untuk itu, kita dari Diskes sendiri terus melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat Kota pekanbaru,” jelasnya.

Terkait sosialisasi, Gustiyanti menyampaikan, yang dilakukan diantaranya, melakukan sosialisasi kepada petugas dan lintas sektor yang sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2015 lalu. Bukan hanya itu saja, pihaknya juga melibatkan berbagai organisasi untuk mensosialisasikan PIN 2016 tersebut.

“Kita juga melakukan sosialisasi kepada organisasi seperti PKK maupun organisasi profesi lainnya yang ada di Pekanbaru. Bukan hanya itu saja, kita juga meminta kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota dan Riau untuk turut serta mensosialisasikannya,” terangnya.

Bahkan, Diskes sendiri juga meminta kepada Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Kota Pekanbaru untuk turut melakukan sosialisasi PIN 2016 di dalam ceramah mereka pada saat menjelang Shalat Jumat berlangsung.

“Untuk MDI kita sudah bekerjasama pada tanggal 19 Februari lalu. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, banyak orang tua yang akan melakukan imunisasi kepada anak mereka. Karena di 2020 kan ditargetkan Indonesia bebas dari Folio,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, PIN adalah Pekan dimana setiap balita termasuk bayi baru lahir yang bertempat tinggal di Indonesia diimunisasi dengan vaksin polio, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Pemberian imunisasi dilakukan 2 kali masing-masing 2 tetes dengan selang waktu satu bulan. Pemberian imunisasi polio secara serentak terhadap semua sasaran akan mempercepat pemutusan siklus kehidupan virus polio liar. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri