Ini Jadwal dan Lokasi Ujian CAT CPNS 2018 di Riau, Pekanbaru, Meranti, Inhu dan Dumai

Ini Jadwal dan Lokasi Ujian CAT CPNS 2018 di Riau, Pekanbaru, Meranti, Inhu dan Dumai

PEKANBARU - Pelamar CPNS 2018 yang lolos seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) yang digelar mulai 26 Oktober sampai 17 November 2018. Tahapan ujian SKD ini dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional XII Pekanbaru, Andrayati, menyatakan persiapan tes CPNS di Riau, dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), telah matang.

Ada lima titik pelaksanan tes CPNS di Riau, yakni Kantor BKN Regional XII (Pekanbaru), Labersa (Pekanbaru), Inhu, Dumai dan Meranti. Pelaksanaan tes akan dimulai pada hari ini, Jumat (26/10/2018).

"Insyaallah kita sudah siap melaksanakan. Semua persiapan sudah dilakukan dengan maksimal, termasuk jaringan internet dan lainnya," ujar Andrayati kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (25/10/2018).

Ia menambahkan, pelaksanaan CAT antara satu lokasi ujian dengan lainnya tidak serentak. "Untuk hari pertama (Jumat, 26 Oktober 2018) pelaksanaan CAT akan diikuti peserta pelamar CPNS di Kementerian Hukum dan HAM. Begitu juga di Meranti, juga sudah mulai Jumat," papar Andrayati.

BKN menetapkan lima lokasi pelaksanaan ujian Computer Assisted Test (CAT) CPNS 2018 di Riau.

1. Pekanbaru
Hotel Labersa dan Kantor BKN Regional XII
Peserta: Pelamar CPNS Pekanbaru, Kampar, Siak Pelalawan

2. Inhu
Peserta: Pelamar CPNS Inhu, Inhil dan Kuansing

3. Dumai
Peserta : Pelamar CPNS Dumai, Rohil dan Bengkalis

4. Meranti
Peserta: Pelamar CPNS Meranti

5. UPT Assessment Pemprov Riau

Jadwal tes CAT CPNS 2018 di Riau:

1. UPT Assessment BKD Riau mulai 29 Oktober

Untuk Pemprov Riau yang menggelar tes CPNS di UPT Assessment BKD Riau, baru mulai ujian pada Senin (29/10/2018) nanti.

"Untuk yang CPNS Pemprov Riau itu mulainya Senin nanti di UPT Assessment BKD Riau, di Jalan Ronggowarsito, Pekanbaru, dan di Labersa. Di UPT Assessment mulai 29 Oktober sampai 9 November. Di Labersa 10 November sampai selesai," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Ikhwan Ridwan.

Tes CPNS dengan menggunakan sistem CAT akan berlangsung selama 22 hari, dari 26 Oktober hingga 17 November 2018. Ribuan peserta dibagi dalam gelombang-gelombang tes, mengingat keterbatasan perangkat komputer yang tersedia.

"Bagi peserta tes CPNS yang lulus administrasi bisa melihat jadwal ujian sesuai waktu yang di tetapkan,” kata Ikhwan. Ia menghimbau kepada peserta tes untuk rajin-rajin melihat jadwal ujian di website sscn.bkn.go.id atau di bkd.riau.go.id.

2. Meranti mulai 26 Oktober

Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem CAT tersebut digelar di lantai II gedung Afifa Jalan Banglas, Selatpanjang. Sekretaris BKD Kabupaten Kepulauan Meranti, Bakharuddin mengatakan, tes CAT tersebut akan dimulai pada 26 Oktober hingga 1 November 2018.

Para peserta diwajibkan datang ke lokasi ujian 1 jam sebelum dimulainya ujian. "Bagi peserta yang terlambat masuk dianggap gugur," ujar Bakharuddin, Kamis (25/10/2018).

Saat akan mengikuti tes CAT, peserta diwajibkan membawa perlengkapan yaitu KTP asli atau Suket dari Disdukcapil, nomor kartu ujian asli, pas foto berlatar belakang merah ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar.

Bagi peserta tes pria diwajibkan mengenakan kemeja warna putih dan celana panjang berwarna hitam. Sedangkan bagi peserta wanita diharuskan menggunakan kemeja berwarna putih dan rok panjang berwarna hitam. Bagi wanita yang berjilbab, diharuskan mengenakan jilbab berwarna hitam.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian BKD Kepulauan Meranti, Said Sholahuddin menjelaskan, hari pertama tes CAT CPNS akan digelar sebanyak tiga sesi. Pada sesi I tes CAT CPNS dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB-11.30 WIB. "Per sesinya akan diikuti oleh 100 peserta tes," ujarnya.

Sementara untuk sesi II, tes CAT CPNS akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB-15.30 WIB. Sedangkan untuk sesi III, tes CAT CPNS akan dilakukan pada pukul 16.00 WIB-16.30 WIB.

Ia mengatakan, sesi terbanyak akan dilakukan pada tes CAT CPNS di hari kedua hingga hari keenam. Pada hari itu, Tim Pansel tes CAT BKD akan menggelar sebanyak 5 sesi.

"Di hari kedua hingga keenam tes CAT, jadwal tes CAT dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Sedangkan di hari terakhir atau hari ke 7 tes CAT dilakukan hanya sebanyak 2 sesi saja dan dimulai pada 08.00 WIB hingga selesai," ujarnya.

3. di Inhu (Inhil, Inhu dan Kuansing) mulai 28 Oktober

Ujian CAT / SKD akan dilaksanakan pada Minggu (28/10/2018) di  Gedung Dang Purnama Jalan Bupati Tulus, Rengat, Indragiri Hulu (Inhu).

4. Di Dumai (Dumai, Rokan Hilir) mulai 1 Oktober

Pelaksanaan ujian CAT CPNS 2018 digelar di Kampus STIA Lancang Kuning, Jalan Gunung Merapi, Kota Dumai.

5.  Di Kantor BKN Regional XII mulai 26 Oktober

6. Di Labersa (Pekanbaru, Kampar, Siak, Pelalawan dan Rohul) mulai 31 Oktober

Dilansir dari laman website BKPSDM Pekanbaru untuk jadwal ujian CAT CPNS 2018 di lingkungan Pemko Pekanbaru digelar mulai 1 November sampai 17 November lokasi ujian di Kantor Regional XII BKN Pekanbaru.

Rincian jadwal persesi akan diumumkan selanjutnya di laman website http://bkpsdm.pekanbaru.go.id/


Berita Lainnya

Index
Galeri