Musim Hujan, Camat Tebing Tinggi Ingatkan Warga Waspada Penyakit DBD

Musim Hujan, Camat Tebing Tinggi Ingatkan Warga Waspada Penyakit DBD

SELATPANJANG - Camat Tebing Tinggi Helfandi SE MSi mengingatkan agar mewaspadai penyakit Demam Berdarah (DBD). Hal itu mengingat pada saat ini memasuki musim hujan.

"Saya mendapat laporan dari masyarakat, memasuki musim hujan ini telah terjadi kasus DBD yang berada diperbatasan Kelurahan Selatpanjang Timur wilayah kerja Puskesmas Selatpanjang dan Desa Banglas wilayah Kerja Puskesmas Alahair," terangnya disela-sela, Kamis (25/18/2018) dalam kegiatan Lokakarya Mini yang dilaksanakan oleh Puskesmas Alahair.

"Untuk itu saya mengingatkan kepada Pihak Puskesmas agar segera melakukan fogging diarea tersebut termasuk sekolah pasien tersebut dan selanjutnya  karena kasus ini berada diperbatasan agar penanganannya dilakukan oleh 2 puskesmas," tambahnya.    

Disamping itu, Pria berkacamata itu pun meminta kepada Kepala Desa (Kades) dan Lurah di wilayah kerjanya agar melakukan gotong royong (Goro) bersama masyarakat, hal itu diakuinya agar terhindar dari penyakit DBD yang berasal dari nyamuk.

"Para Kades dan Lurah agar dapat membawa masyarakat melalui RT RW untuk melakukan gotong royong membersihkan parit-parit, drainase yang ada dilingkungannya agar air tersebut cepat mengalir," ajaknya. 

"Kegiatan fogging itu hanya membunuh nyamuk-nyamuk besar, sedangkan anak telor nyamuk itu terkadang tidak terbasmi. Dan masyatakat yg mengetahui jika terjadi kasus DBD segera melapor ke Puskesmas agar penanganannya sesegra mungkin," ucapnya lagi. 

Sekedar informasi, Lokakarya Mini yang dilaksanakan oleh Puskesmas Alahair merupakan kegiatan rutin per 3 bulan, yang tujuannya sebagai bahan evaluasi bagi Puskesmas terkait sebagai program kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan yang ada di Desa dan Kelurahan. Pada kegiatan tersebut juga membahas isu aktual dan akan dicarikan solusi bersama.

Kegiatan Lokakarya Mini Triwulan III Puskesmas Alahair yang dilaksanakan di Kopitiam Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti yang dihadiri Camat Tebing Tinggi Helfandi SE MSi, Wakapolsek Tebing Tinggi, Mewakili Danramil Tebing Tinggi, Kepala Puskesmas Alahair Dr Sista Nirmala, Kades dan Lurah wilayah kerja Puskesmas Alahair Kecamatan Tebing Tinggi, para Kader Posyandu, Kader Lansia, PKK Kecamatan dan Desa Kelurahan dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Tebing Tinggi.


Berita Lainnya

Index
Galeri