Siang Ini Para Pejabat Pemko Pekanbaru Ikuti Bimtek

Siang Ini Para Pejabat Pemko Pekanbaru Ikuti Bimtek
Mawardi S Ag

PEKANBARU - Kominfo Regional Sumatera menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Grand Zuri Pekanbaru. Bimtek yang digelar selama empat hari itu akan diikuti seluruh Sekretaris Dinas (Sekdis) dan Sekretaris Camat (Sekcam) se- Kota Pekanbaru.

"Selama empat hari Kominfo Regional Sumatera menggelar Bimtek Budaya Komunikasi, bagi Aparatur Pemerintah PPID kota Pekanbaru, "kata Kasubbag Pengelolaan Informasi dan Pengaduan Masyarakat bagian Humas dan Informasi Setdako Pekanbaru selaku Panitia Internal, Mawardi SAg , Rabu (17/2/2016) di Pekanbaru.

Dana Bimtek ini dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Narasumber sendiri Sekjen kominfo, staf ahli kominfo, dan ketua komisi informasi nasional."Jadi, peserta ini diberi bekal bagaimana bisa terbuka memberikan informasi kepada masyarakat dan media," kata Mawardi.

Lanjutnya, dengan adanya Bimtek ini, ketika ada masyarakat menyampaikan aspirasi, para peserta atau pejabat yang sudah mengikuti Bimtek bisa menjawab dan memberikan solusi kepada masyarakat."Begitu juga kepada media. Apabila ada media mencari informasi, pejabat bisa memberikan informasi. Peserta ini juga akan mendapat sertifikat," jelasnya.

Mawardi menjelaskan, di hari pertama, Rabu (17/2), pada sesi pertama Bimtek mengangkat tema Pokok-pokok Pemikiran UU KIP. Sesi kedua akan membahas Ketentuan dalam UU KIP dan Peraturan Turunannya."Kemudian Kamisnya membahas Keterkaitan UU Kearsipan dengan Keterbukaan Informasi Publik, Keterkaitan UU ITE dengan Keterbukaan Informasi Publik, Prosedur Pengelolaan Informasi Publik dan Praktek Simulasi Tata Kerja PPID," paparnya.

Kemudian pada hari Jumat (19/2) materi yang diangkat Pemanfaatan TIK dalam Kegiatan Pengelolaan Informasi. Pada hari itu juga dilakukan pembahasan kisi-kisi soal dan persiapan ujian sertifikasi serta evaluasi pelaksanaan ujian sertidikasi serta diskusi dan audiensi."Jadi Sabtunya hari terakhir, pelaksanaan ujian sertifikasi," tutupnya. (rls)


Berita Lainnya

Index
Galeri