Suka Kerang? Mau Makan Kerang Gratis Sepuasnya? Yuk Datang ke Bagansiapiapi, Ini Jadwalnya

Suka Kerang? Mau Makan Kerang Gratis Sepuasnya? Yuk Datang ke Bagansiapiapi, Ini Jadwalnya

BAGANSIAPIAPI - Siapa yang tak mengenal kerang, salah satu hewan lunak (Mollusca) kelas Bivalvia atau Pelecypoda itu ternyata memiliki sumber protein pada dagingnya. Di Indonesia kerang-kerangan diolah menjadi kuliner yang lezat, diantaranya menjadi kerang rebus, tumis, asam pedas, sate, saus tiram dan berbagai menu lainya.

Bagi masyarakat yang hobi menikmati masakan berbahan dasar kerang, komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) mengajak makan kerang gratis sepuasnya pada iven yang bertajuk Kendui Koang (Kenduri Kerang).

Pada iven ini, nantinya para masyarakat yang hadir bakal diajak ‘’Makan Koang Sepuehnyo” (makan kerang sepuasnya, red). Kerang yang akan disediakan oleh pihak panitia tidak tanggung-tanggung, paling sedikit sebanyak 2 ton kerang.

Acara Kenduri Kerang ditaja langsung oleh GenPI sub regional Rokan Hilir, di Kota Bagansiapiapi, pada tanggal 30 September 2018 mendatang. Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Rokan Hilir ke-19, acara puncaknya yaitu pada tanggal 4 Oktober 2018.

Ketua GenPI Kabupaten Rokan Hilir, Jhony Charles mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengangkat kearifan wisata daerah, sekaligus untuk memacu para petani agar meningkatkan produksi kerang, sehingga menambah minat pemburu kuliner kerang.

"Untuk iven kuliner Kenduri Kerang ini, utusan GenPI dari luar daerah khususnya GenPI kabupaten yang berada di Provinsi Riau diundang untuk ikut menyukseskan iven. GenPI akan menyiapkan fasilitas penginapan hotel, makan dan lain-lainnya gratis tanpa dipungut biaya, begitu juga dengan blogger dan vlogger," kata Jhony Charles.

Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Syah Padri, juga turut menyampaikan dalam pelaksanaan kegiatan ini nantinya panitia akan mengadakan perlombaan dengan hadiah jutaan rupiah.

"Perlombaan yang digelar yakni, lomba membuka cangkang kerang tercepat dengan sebelah tangan, untuk 200 orang peserta lokal dan lomba membuka cangkang kerang dengan dua tangan untuk 100 orang peserta dari luar kota Bagansiapiapi," ungkap, Muhammad Syah Padri, pria yang juga menjabat sebagai ketua harian GenPI Rohil.

Kegiatan yang digelar oleh GenPI Rokan Hilir ini, rencananya akan diawali dengan kegiatan jalan santai bersama pada pagi hari (30/9), dan bakal dihadiri langsung oleh Bupati Rokan Hilir, Suyatno serta pejabat teras dari pemerintah Kabupaten Rokan Hilir lainya.

Pada acara ini nantinya bakal digelar aneka bazar UKM dan pemeran, juga akan disajikan 50 menu makanan berbahan dasar kerang, seperti nugget, abon, sate, asam pedas, asam manis, gulai, rendang, sop, saus tiram, tumis, pindang, kerang pete dan berbagai menu lainya.

Kerang-kerangan yang di masak ada dua jenis, yaitu kerang darah (Anadara granosa) dan kerang bulu (Anadara antiquata). Secara  umum  kedua  kerang ini  memiliki  ciri  morfologi yang  hampir  sama. Cangkangnya memiliki belahan yang sama melekat satu sama lain pada batas cangkang.

Kabupaten Rokan Hilir memang dikenal sebagai sentral budidaya kerang. Pasalnya, selain daerahnya memiliki potensi perikanan yang melimpah ruah, juga memiliki potensi kerang yang berkualitas tinggi.

Diharapkan selain kerang diolah menjadi aneka kuliner, Pemerintah daerah juga dapat menggandeng atau memberikan pembinaan kepada pelaku ekonomi kreatif agar dapat memanfaatkan cangkang kerang sebagai bahan kerajinan tangan yang dijadikan perhiasan.

Tentu iven Kenduri Kerang ini sangat meriah nantinya, karena telah disiapkan oleh Tim GenPI Rohil dan Panitia dengan begitu matang agar masuk ke Event Nasional ditahun mendatang. Untuk mengetahui informasi selanjutnya para sobat wisata dapat mengunjungi Fanpage dan Instagram @genpi.rohil #yukkerohil #balikkebagan #kenduikerang2018.


Berita Lainnya

Index
Galeri