Ini 4 Jurusan yang Paling Dicari dalam Seleksi CPNS 2018, Kamu Salah Satunya?

Ini 4 Jurusan yang Paling Dicari dalam Seleksi CPNS 2018, Kamu Salah Satunya?

JAKARTA - Pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 telah diumumkan dengan total sebanyak 238.015 formasi. Dari ratusan ribu formasi tersebut, terdapat empat jurusan kuliah yang paling dicari dalam seleksi CPNS 2018.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin menyebutkan proporsi terbesar formasi CPNS tahun ini adalah untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis yang saat ini masih kurang.

"Antara lain tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknik di bidang infrastruktur sesuai dengan program Nawacita," sebutnya, seperti dilansir dari Kumparan.com, Selasa, 18 September 2018.

Dari tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan yang disebutkan, mahasiswa lulusan keempat jurusan kuliah ini mendapat peluang terbesar dalam CPNS 2018. Apa saja?

1. Pendidikan Guru

Terdapat sebanyak 88 ribu formasi yang terbuka bagi guru kelas dan mata pelajaran di Indonesia dalam CPNS tahun ini. Lulusan jurusan Pendidikan Guru, seperti pendidikan SD sangat berkesempatan untuk menjadi seorang PNS.

2. Pendidikan Guru Agama

Para lulusan jurusan Pendidikan Agama, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu atau Buddha juga berpeluang besar dalam seleksi CPNS 2018. Pasalnya, tahun ini pemerintah membuka 8 ribu formasi bagi para guru agama.

3. Kedokteran

Sebagai lulusan jurusan kedokteran, prospek untuk membuka praktek sendiri atau bekerja di rumah sakit swasta memang terbuka. Namun, juga sangat berpeluang untuk menjadi PNS.

CPNS tahun ini, pemerintah membuka sebanyak 60.315 formasi bagi dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis, sampai tenaga medis atau paramedis.

4. Teknik

Dalam rangka mewujudkan program Nawacita seperti yang dipaparkan Syafruddin, pada CPNS 2018 pemerintah juga membuka lowongan bagi para tenaga teknis di bidang infrastruktur. Tak tanggung-tanggung, menyediakan hingga 30.429 formasi bagi para mahasiswa lulusan jurusan kuliah Teknik.


Berita Lainnya

Index
Galeri