Jelang Ramadan, Bulog Riau Gelar Bazar Pasar Murah di Sejumlah Tempat di Pekanbaru ini

Jumat, 11 Mei 2018 | 19:36:54 WIB

PEKANBARU - Badan Urusan Logistik Divisi Regional Riau-Kepulauan Riau menggelar bazar pangan murah di beberapa lokasi guna memberikan ketersediaan kebutuhan pokok kepada masyarakat menjelang Ramadhan 1439 Hijriyah.

"Bazar pangan murahnya berupa beras kita, minyak goreng, gula, terigu, dan daging kerbau beku, "kata Bidang Komersial Bulog Divre Riau -Kepri Hendra Gunafi di Pekanbaru, Jumat.

Hendra Gunafi menjelaskan bazar pangan murah ini mulai digelar pekan kemaren hingga Idul Fitri 1439 Hijriyah mendatang.

Tujuannya untuk membantu mendekatkan pangan dengan masyarakat dan menyediakan dalam jumlah cukup serta harga murah dibawah rata-rata pasar.

"Bazar ini diharapkan sangat membantu masyarakat dan dapat kita kombinasikan dengan paket beberapa komoditi lain," ujarnya.

Menurut Hendra bazar pangan murah ini sudah dan akan di gelar terus pada titik keramaian seperti rumah sakit, perumahan, dan sebagainya sesuai permintaan masyarakat dan kelayakan pantauan Bulog.

"Seperti lokasi yang sudah ditentukan berikut RSUD Arifin Achmad , BKP kota, Kantor Camat Bukit Raya dan tempat lainnya sesuai permintaan yang akan terus berjalan, " ujar dia.

Dalam bazar ini sambung dia pihak Bulog menggandeng Rumah Pangan Kita (RPK) setempat yang menjadi lokasi pelaksanaan. Tujuannya juga sekaligus ingin memperkenalkan mitra distribusi Bulog ini ke masyarakat.

"Bazar pasar murah Bulog ini juga   dalam rangka membina RPK agar mampu hadir menjawab kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan, " ujarnya.

Ia menambahkan di Pekanbaru ada sekitar 300 an RPK yang siap mendekatkan masyarakat dengan pangan murah sehingga tidak perlu antri ke pasar. Apalagi harga yang disajikan jauh lebih murah dari eceran di pasar bisa mencapai Rp40.000/kg  untuk daging kerbau beku dibandingkan sapi.  
   
"Karena di pasar harga daging sapi mencapai Rp120.000/kg, sementara daging beku Bulog hanya Rp80.000/kg," tuturnya.

Dikatakan Hendra kini Bulog menyediakan aneka jenis beras dengan harga murah jauh dari pasar, di antaranya beras merek kita dengan kualitas medium pra Rp9.450/kg ada juga premium pra merek beras kita Rp10.250 dan Rp10.750/ kg. Sementara gula pasir kita kini dijual Rp11.500/ kg, minyak goreng Rp12.500/kg.

Sementara itu Ana (40) warga Jalan Durian Pekanbaru, mengaku sejak ada pasar Bulog yang digelar membantu dirinya mendapatkan pangan dengan harga murah dari pasar.

Misalkan beras merek Topi Koki kini sudah diecer Rp12.500/kg, di Bulog ada jenis yang sama harganya cuma Rp11.000/kg, gula juga di pasar sudah naik Rp12.000/kg  sementara di Bulog itu Rp11.500/kg.

Ia  berharap kebutuhan pokok lainnya juga dijual Bulog karena sering naik jelang Ramadhan dan Idul Fitri. "Maunya cabai keriting, bawang merah dan putih juga dijual lagi sama Bulog karena harganya kini naik terus," pungkasnya.

Terkini