PARLEMEN

Tak Satupun Siswa Riau Lulus Beasiswa Al Azhar Kairo, Transparansi Tim Seleksi Dipertanyakan

PEKANBARU - Anggota DPRD Riau dari PKS, Markarius Anwar pertanyakan transparansi tim seleksi Kemenag RI dalam penerimaan beasiswa kuliah di Universitas al-Azhar, Kairo yang sama sekali tidak meluluskan mahasiswa asal Riau.

"Dari 700 santri yang mengikuti seleksi di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska), tidak ada satu pun yang lulus. Ini ada apa?," tanya Markarius Anwar kepada wartawan, Kamis (5/7/2018).

Ia pun menduga ada permainan yang dilakukan oleh oknum tertentu dalam persoalan ini. Pihaknya juga telah menemukan beberapa bukti dari beberapa keanehan, salah satunya sebelum pengumuman kelulusan siswa beredar di website, hanya halaman satu yang lulus non beasiswa. 

"Sekarang ini, persis yang resmi di website, cuma halaman pertama aja. Berarti ada yang megang datanya dan ada keanehan lainnya. Ini terkait harga diri kita, kok tak satu pun santri kita nilainya tidak sampai standar, apa begitu rendahnya kualitas pendidikan di Riau dan Sumbar. Karena yang mengikuti ujian kemarin itu ada yang dari sumbar juga," terangnya. 

Untuk itu, pihaknya dalam waktu dekat akan mempertanyakan hal ini langsung ke Kemenag RI. Hal ini sekaligus supaya panitia penyelenggara bisa terhindar dari tuduhan-tuduhan yang disampaikan. 

"Ini berkaitan menjaga kepercayaan terhadap UIN suska Riau dan cita-cita mulia para santri untuk menuntut ilmu agama. Tentu hal ini harus kita dukung selalu," tutupnya.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video