Calon Terbanyak Tapi Nihil Gugatan, Pilkada Dumai Dinilai Sukses

Calon Terbanyak Tapi Nihil Gugatan, Pilkada Dumai Dinilai Sukses
Ilustrasi
DUMAI - Ketua KPU Provinsi Riau Nurhamin menilai pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada Dumai 2015 telah berlangsung kondusif tanpa ada gejolak berarti dan nihil gugatan ke Mahkamah Konstitusi.
 
Sukses Pilkada ini, menurut dia karena seluruh instansi terkait dan lembaga penyelenggara saling  berkoordinasi baik dan intensif hingga seluruh tahapan berjalan lancar.
 
"Penyelenggaraan Pilkada Dumai yang sukses dan kondusif ini menjadi contoh dan teladan untuk pelaksanaan pemilu di seluruh Indonesia, dan semua pihak terkait patut mendapat apresiasi tinggi," kata Nurhamin di Dumai, Kamis (28/1/2016).
 
Dia menjelaskan, meski di masa kampanye lalu terjadi beberapa persoalan, seperti perusakan alat peraga, namun semua dapat diselesaikan dengan baik dan tenang oleh semua instansi terkait bersama lembaga penyelenggara.
 
Lembaga penyelenggara Pilkada Dumai juga tidak ditemukan kecurangan, baik di tingkat panitia TPS, kelurahan dan hingga kecamatan, termasuk Panitia Pengawas (Panwas).
 
"Padahal kita tahu Pilkada Dumai diikuti lima pasang calon dan terbanyak peserta di Riau, namun pelaksanaan tetap aman dan kondusif hingga tahapan penetapan kepala daerah terpilih," ungkapnya.
 
Sementara, Asisten I Pemkot Dumai Darmawan menyatakan pelaksanaan Pilkada yang telah berjalan harmonis ini patut diapresiasi berkat kerja keras semua pihak dan dukungan masyarakat yang telah dewasa dalam berdemokrasi.
 
Agar Pilkada sukses, Pemkot Dumai telah menegaskan kepada seluruh aparatur sipil negara untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat langsung dalam politik karena jika ketahuan maka akan dikenai sangksi disiplin tegas.
 
"Pilkada yang harmonis ini dibarengi juga dengan angka partisipasi masyarakat pemilih yang cukup memuaskan, karena itu pemerintah mengapresiasi kerja keras seluruh pihak yang terlibat," ungkapnya.
 
Diketahui, Pilkada Dumai dimenangkan pasangan calon nomor urut 2, Zulkifli AS-Eko Suharjo yang diusung koalisi partai politik Demokrat, Nasdem, Gerindra dan PBB dengan perolehan 32.618 suara sah. (max/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri