Menpan-RB: Pemerintah Belum Berencana Buka Seleksi CPNS

Menpan-RB: Pemerintah Belum Berencana Buka Seleksi CPNS
Menpan-RB, Yuddy Chrisnandi.
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menyerahkan naskah soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sebagai instrumen dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kendati demikian, Menpan-RB, Yuddy Chrisnandi menegaskan, dalam waktu dekat pemerintah belum membuka seleksi CPNS secara besar-besaran.
 
"Dengan memiliki bank soal sebagaimana yang diserahkan Kemdikbud, setidaknya pemerintah memiliki skenario jika ada institusi atau lembaga yang membutuhkan aparatur sipil negara secara mendesak," ucap Yuddy dilansir Okezone.com, Rabu (20/1/2016).
 
Saat ini, kata Yuddy, pemerintah sedang menghitung jumlah tenaga guru, tenaga pendidik, tenaga kesehatan, penegak hukum, dan sekolah kedinasan. Namun, jumlah tersebut juga tidak terlalu banyak. Hal tersebut untuk moratorium yang bersifat terbatas.
 
"Untuk guru difokuskan pada guru garis depan. Tidak boleh ada kekosongan guru untuk masyarakat yang membutuhkan pendidikan," tegasnya.
 
Yuddy mengakui, pemerintah tak punya uang berlebih untuk menambah belanja pegawai. Oleh karena itu, pemerintah saat ini perlu rehat dalam penerimaan abdi negara.
 
"Serah terima ini jangan disalahartikan. Artinya, pemerintah sudah siap dengan bank soal meski belum ada rencana membuka seleksi CPNS," tutupnya. (max/okz)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri