Lima Sektor Ini Ditingkatkan Jika Ingin Bersaing di MEA

Lima Sektor Ini Ditingkatkan Jika Ingin Bersaing di MEA
Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Masirba H Sulaiman

PEKANBARU - Ada lima sektor yang perlu ditingkatkan agar bisa bersaing di Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), seperti pembangunan pasar di setiap kecamatan, rumah kemasan, pengembangan sentra rotan, membangun kawasan industri dan pengalihan badan metrologi dari provinsi ke daerah.

"Untuk mewujudkan itu, Walikota di pertengahan Februari akan roadshow di kementerian perekonomian di Jakarta dalam rangka sinergi progam nasional dengan program daerah dalam program nawa cita dan MEA," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman kepada Wartawan, Kamis (21/1/2016).

Lanjutnya, Disperindag sendiri nantinya akan menyiapkan bahan untuk walikota dalam menunjang program membangun 5000 pasar dan dalam setahun nantinya ada 1000 pasar yang akan dibangun. Kata dia, pasar yang dibangun nantinya akan berkonsep aman, bersih dan jujur.

"Kita akan kemas dalam pasar masyarakat madani. Di sana juga kita menyiapkan timbangan bagi pembeli. Kalau tidak cocok bisa dikembalikan pedagang," terangnya.

Jika perlu, lanjutnya, akan ada reward penghargaan setiap bulannya kepada pedagang yang memberikan pelayanan terbaik. Sedangkan Untuk rumah kemasan, pihaknya akan membangun di kecamatan Pekanbaru Kota. "Karena ada bantuan dari pusat sebesar Rp 328 juta. Nantinya kita akan melakukan survei tempat sebagai percontohan. Kita lihat daerah mana yang perlu rumah kemasan, setelah ketahuan daerah mana yang butuh barulah kita bangun lagi," paparnya.

Selain itu, dalam rangka melaksanakan UU No 23 tentang otonomi daerah ada beberapa tugas yang dilimpahkan dari provinsi ke kota kabupaten, yakni untuk di bidang metrologi. "Untuk sentra rotan juga akan kita kembangkan, karena untuk ukuran sumatera, Pekanbaru masuk dalam unggulan. Terakhir kawasan industri, alasannya untuk menunjang penjualan produk kita," paparnya. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri