Universitas Abdurrab Buka Jalur Undangan Mahasiswa Berprestasi

Universitas Abdurrab Buka Jalur Undangan Mahasiswa Berprestasi
Kampus Universitas Abdurrab Pekanbaru. (ist)
PEKANBARU - Bagi anda yang berprestasi dalam bidang akademis, seni, olahraga, rohis (rohani islam –red), OSIS, memiliki segudang pengalaman di organisasi masyarakat non-partai dan penghapal Al-Quran (hafidz –red) yang ingin berkuliah di universitas tanpa tes, anda bisa mengikuti program baru dalam sistem penerimaan calon mahasiswa baru yang dicanangkan oleh Universitas Abdurrab Pekanbaru.
 
Universitas Abdurrab (Univrab) membuka pendaftaran calon mahasiswa melalui Jalur Undangan yang akan dibuka mulai tanggal 15 Januari 2016 dan ditutup pada tanggal 25 Agustus 2016 mendatang.
 
Wakil Rektor I Bidang Akademik Univrab, DR (Cand) Muhammad Saeri M.Hum yang ditemui di ruangannya menjelaskan, pendaftaran calon mahasiswa Jalur Undangan Univrab merupakan jalur penerimaan Mahasiswa Baru untuk Tahun Ajaran 2016/2017.
 
"Jadi, selain menerapkan Jalur Reguler yang menyaring calon mahasiswa melalui tes tertulis dan wawancara, Univrab juga menambah satu jalur lagi dalam penerimaan mahasiswa barunya, yang akan dilihat dan ditentukan dari prestasi yang dimiliki," terangnya.
 
Melalui program jalur ini, Univrab akan mengundang 250 orang calon mahasiswa yang berprestasi, tanpa tes tertulis ataupun wawancara tetapi murni dari prestasinya. "Univrab bertujuan untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi orang-orang yang berprestasi untuk mendapatkan dan menikmati pendidikan di Perguruan Tinggi dengan kemudahan,” lanjut Saeri.
 
Khusus untuk Jalur Undangan akan ada 5 jenis kriteria yang akan diundang untuk berkuliah di Univrab yakni dengan seleksi dari:
1. Prestasi akademik yaitu dengan nilai rata-rata Rapor minimum 80
2. Prestasi di bidang seni, budaya dan olah raga di Kabupaten Kota
3. Keaktifan dalam bidang Rohis (Rohani Islam –red), OSIS dan ekstrakulikuler lainnya
4. Prestasi dalam bidang tertentu (jabatan) dan organisasi masyarakat non partai
5. Penghapal Al-Quran (hafiz –red)
 
Saat ini, ungkap Saeri, Univrab tengah menyebar borang atau formulir Jalur Undangan ke sekolah-sekolah di Provinsi Riau, organisasi masyarakat, instansi negeri dan swasta serta perorangan yang dianggap berprestasi.
 
Lebih lanjut, Saeri menambahkan bahwa jika ada orang tidak menerima undangan tetapi memiliki kriteria prestasi diatas bisa langsung mendaftarkan diri ke Kampus Univrab.
 
“Pendaftaran dari Jalur Undangan yang masuk sepenuhnya akan diseleksi oleh UUnivrab dan rekomendasi lanjutan dari pihak Yayasan. Univrab benar-benar mengaplikasikan tagline Selamatkan Generasi Melalui Pendidikan. Ini kesempatan emas bagi anda diluar sana yang berprestasi dan ingin berkuliah tanpa tes,” papar Saeri yang tengah menempuh Program Doktoral di Malaysia tersebut.
 
Untuk diketahui, Univrab saat ini memiliki empat Fakultas yakni:
 
1. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dengan Program Studi (Prodi) S1 Profesi Dokter (Terakreditasi), Prodi S1 Kedokteran (Terakreditasi), Prodi D3 Kebidanan (Terkareditasi), Prodi D3 Keperawatan (Terakreditasi), Prodi D3 Fisioterapi (Terakreditasi), Prodi D3 Analisis Kesehatan (Terakreditasi) dan Prodi D3 Analisis Farmasi dan Makanan (Terakreditasi).
2. Fakultas Psikologi dengan Program Studi S1 Psikologi (Akreditasi B)
3. Fakultas Teknik dnegan Program Studi S1 Teknik Sipil (Terakreditasi) dan Prodi S1 Teknik Informatika (Terakreditasi)
4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) dengan Program Studi S1 Hubungan Internasional (Akreditasi B), Prodi S1 Ilmu pemerintahan (Akreditasi B) dan S1 Ilmu Komunikasi (Akreditasi B).
 
Penerimaan calon mahasiswa melalui Jalur Undangan Univrab bebas memilih salah satu Prodi yang ada di keempat Fakultas diatas. 250 orang yang akan terseleksi akan mendapatkan beasiswa yang tengah dalam pembahasan finalisasi antara Univrab dan pihak Yayasan.
 
“250 orang yang terseleksi selain mendapat beasiswa akan mendapat program khusus pembinaan seperti Kajian Keislaman karna tidak bisa dinafikan bahwa peradaban Melayu notabene Islam dan semangat Islam adalah warna yang ada didalam Univrab,” ungkap Saeri yang juga merupakan dosen Hubungan Internasional Univrab.
 
Jadi, bagi anda yang tertarik dengan jalur penerimaan calon mahasiswa ini, silahkan datang dan tanyakan informasi detilnya ke kampus Universitas Abdurrab di Jalan Riau Ujung Nomor 73 Pekanbaru atau bisa menghubungi Nomor Informasi 0811 771 4800. (rls)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri