Sebagian Sumatera Barat Diguncang Gempa 5,2 SR

Sebagian Sumatera Barat Diguncang Gempa 5,2 SR
Ilustrasi
PADANG - Gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter menggetarkan Sumatera Barat, Minggu (17/1/2016) sekitar pukul 01.54 WIB. Gempa tersebut dirasakan di sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Barat.
 
Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di koordinat 0.58 Lintang Selatan (LS) dan 99.15 Bujur Timur (BT). Tepatnya 107 Barat Laut Pariaman, Sumatera Barat.
 
"Kedalamannya 35 kilometer. Tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Seksi Informasi dan Data BMKG Padang Panjang, Buha, Minggu (17/1/2016).
 
Menurutnya, gempa dirasakan di Kota Padang, Pariaman dan Air Bangis dengan V MMI, Padang Panjang IV MMI dan Bukittinggi III MMI. Laporan dari masyarakat, gempa juga dirasakan di Tanah Datar, Solok dan Mentawai.
 
Pantauan di kawasan Andalas Kota Padang, sejumlah warga terlihat berhamburan keluar rumah. Mereka merasakan ayunan gempa cukup kuat. "Lumayan lama goncangannya," ujar salah seorang warga di Kota Padang, Arjuna.
 
Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia Sumatera Barat Ade Edward mengatakan, gempa terjadi patahan Mentawai. Tepatnya di kawasan Seismic Gap Megathrust Siberut. "Kawasan berpotensi gempa, tapi jarang terjadi gempa," ujarnya. (max/tmp)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri