Mau Melamar CPNS Kementerian Keuangan? Intip Dulu Berapa Gajinya di Sini

Mau Melamar CPNS Kementerian Keuangan? Intip Dulu Berapa Gajinya di Sini
Ilustrasi.

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan adanya perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan 2017. Lowongan yang dibuka berjumlah 2.880 formasi untuk rekrutmen umum (Non PKN STAN).

Besaran gaji yang bakal dikantongi oleh setiap pegawai, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil, dibedakan berdasarkan golongannya.

Gaji pokok terendah dari pegawai Kementerian Keuangan adalah Rp1.488.500 per bulan untuk PNS golongan IA dengan pengalaman kerja nol tahun. Sementara gaji pokok tertinggi adalah sebesar Rp5.620.300 per bulan yang bisa dikantongi oleh PNS golongan IVE dengan masa kerja 32 tahun.

Adapun golongan yang diperoleh CPNS akan berbeda-beda saat pertama kali masuk, bergantung pada latar belakang pendidikan masing-masing. Gaji pokok awal pegawai bergolongan III, yang saat pertama kali masuk mengemban gelar sarjana S1, paling rendah adalah Rp2.456.700 per bulan. Sementara gaji pokok awal golongan II, yang saat pertama kali masuk berlatar belakang SMA atau diploma dipatok sekecil-kecilnya Rp1.926.000 per bulan.

"Formasi 2.880 CPNS Kementerian Keuangan ditawarkan untuk 3 jenjang pendidikan. Yaitu S1 733 orang, S2 1 orang, dan D3 2.146 orang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/9/2017).

Rincian distribusi pegawai, kata dia, antara lain sebanyak 201 orang akan disalurkan sebagai pegawai baru Sekretariat Jenderal (Setjen). Selanjutnya, sebanyak 1.721 orang akan disalurkan ke Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Direktorat Jendral Bea Cukai (DJBC) mendapat 575 orang tenaga baru. Sebanyak 66 CPNS disalurkan ke Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK). Lalu, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mendapat 261 CPNS.

Selain itu, 10 orang tenaga baru akan diberikan kepada Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR). Berikutnya, 20 orang akan disalurkan ke Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Terakhir, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) menerima 26 pegawai baru.

Sri Mulyani mengatakan Kementerian Keuangan akan memberikan pelatihan sepanjang karier pegawai dari awal masuk, sepanjang masa bekerja, hingga menjelang pensiun. "Program pengembangan tersebut dapat berupa pendidikan akademis (program gelar) maupun berupa diklat atau training yang bersifat teknis dan nonteknis, dan yang terakhir penugasan-penugasan khusus," ujar Sri Mulyani.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan kriteria pelamar yang dibutuhkan terutama lulusan terbaik. Atau cum laude dari perguruan tinggi terakreditasi, katanya dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari situs kemenkeu.go.id.

Selain itu, kata Hadiyanto, disediakan lowongan bagi penyandang disabilitas dengan kriteria mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik, serta sanggup melaksanakan tugas, seperti menganalisis, mengetik, dan menyampaikan pikiran. Penyandang disabilitas dapat ikut mendaftar asalkan mampu bergerak dengan alat bantu berjalan selain kursi roda.

Untuk pelamar lowongan CPNS 2017 Kementerian Keuangan dari Papua dan Papua Barat, disyaratkan telah menyelesaikan pendidikan SD, SMP, dan SMA, atau sederajat, di wilayah Papua. Pelamar juga harus memiliki ayah kandung asli Papua dan Papua Barat, yang dibuktikan dengan akta kelahiran, fotokopi KTP ayah kandung, dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan atau kepala desa.

"Pendaftaran dibuka pada 11-25 September 2017. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman http://sscn/bkn.go.id mulai 11 September hingga 25 September 2017 menggunakan nomor induk kepegawaian (NIK) pada KTP atau NIK pada kartu keluarga (KK) dan nomor KK atau NIK KK," ujar Hadiyanto.

Proses perekrutan dari pengumuman sampai pemberkasan fisik berlangsung mulai 5 September hingga 14 Desember 2017. "Pelayanan dan penjelasan informasi terkait dengan pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Keuangan 2017 dapat menghubungi call center 021-3506055 setiap Senin-Jumat serta Twitter atau Facebook @KemenkeuRI," katanya. (max/tempo)


Berita Lainnya

Index
Galeri