KAI Buka Lowongan 200 Masinis untuk Proyek LRT, Tertarik?

KAI Buka Lowongan 200 Masinis untuk Proyek LRT, Tertarik?
Ilustrasi.

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengatakan tengah membuka lowongan bagi 200 masinis untuk proyek Light Rail Transit (LRT). Adapun, lowongan pekerjaan ini sudah dibuka sejak 25 Agustus lalu melalui bursa kerja (job fair) di salah satu gedung pertemuan di Jakarta.

Kepala Divisi LRT KAI Ahmad Najib Tawangalun menyebut, perekrutan masinis LRT akan terus dimulai hingga kuotanya terpenuhi. Untuk mempersiapkan arus pekerja tersebut, KAI sudah menyiapkan sistem rekrutmen hingga pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Masalah SDM ini tentu menjadi perhatian kami sebab operasi LRT ini tanggung jawab KAI. Kami masih memiliki waktu untuk mempersiapkan pekerja tersebut," papar Najib ditemui di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Senin (4/9/2017).

Ia melanjutkan, rekrutmen perlu dilakukan sekarang meski operasional LRT baru dimulai tahun 2019 mendatang. Sebab, ia menganggap bahwa mendidik masinis membutuhkan waktu yang tak sedikit. "Proses rekrutmen untuk jadi masinis memang cukup lama," jelasnya.

Sembari menyelesaikan proses seleksi masinis, KAI juga akan merekrut pekerja operasional lain yang diharapkan bisa selesai sebelum LRT selesai. Adapun rencananya, KAI membutuhkan 350 orang untuk mengerjakan sisa aspek operasional perusahaan lainnya.

Bahkan, KAI pun tak menutup peluang bagi karyawan lama yang ingin menjajal pengalaman baru dengan mengoperasikan LRT. Meski sudah berpengalaman, pegawai KAI yang lama pun tetap harus ikut pelatihan mengingat kereta LRT tentu berbeda dengan kereta-kereta yang dioperasikan KAI saat ini.

"Bantuan dari karyawan yang sudah ada sangat dimungkinkan, karena istilahnya mereka sudah pengalaman. Memang, ini harus ada pelatihan lagi. Tak menutup kemungkinan dari karyawan sebelumnya untuk bisa di LRT," jelasnya.

Sebagai informasi, proyek LRT ini sedang dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Adapun, KAI bertindak sebagai operator sesuai Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2017. Total investasi yang dibutuhkan untuk proyek ini tercatat Rp21,7 triliun.

LRT tahap pertama rencananya akan melintang sepanjang 43,3 kilometer (km) dan memiliki 16 stasiun di sepanjang jalurnya. Adapun, empat stasiun akan tersedia di sepanjang lintas Cawang-Cibubur, tujuh stasiun akan ada di lintas Cawang-Kuningan Dukuh Atas, dan lima stasiun di jalur Bekasi Timur-Cawang. (ade/cnnindonesia.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri