Universitas Abdurrab Galakkan Gerakan Shalat Berjamaah dan KTR

Universitas Abdurrab Galakkan Gerakan Shalat Berjamaah dan KTR
Kampus Universitas Abdurrab Pekanbaru. (ist)
PEKANBARU - Spirit dan semangat Islam yang ada di dalam Universitas Abdurrab (Univrab) telah diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari di civitas akademika. Hal ini semakin dikuatkan dengan himbauan dari Universitas Abdurrab melalui Rektor Univrab, DR Arisman Adnan M.Sc yang memberlakukan Gerakan Shalat Berjamaah di awal waktu dan diterapkannya Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Univrab.
 
Gerakan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta mendukung efektivitas kerja bagi seluruh pegawai, dosen dan mahasiswa. Gerakan tersebut juga dikuatkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran dengan nomor 031/REK-UNIVRAB/SE/I/2016 di lingkungan Univrab.
 
Selain di tingkat universitas, gerakan ini juga diterapkan di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Iqra Annisa dan Akademi Analisis Kesehatan Fajar Pekanbaru yang juga berada di bawah Yayasan Fajar Pekanbaru.
 
"Ada dua poin utama dari gerakan ini, yakni menghimbau agar seluruh muslim/ah yang merupakan civitas akademika baik itu dosen, pegawai dan mahasiswa agar menghentikan seluruh kegiatan saat adzan berkumandang dan yang kedua agar segera melaksanakan shalat fardhu berjamaah di masjid terdekat. Di Univrab sendiri telah memiliki Mesjid At-Thabrani dan civitas kampus biasa melaksanakan sholat berjamaah disana," ungkap Rektor yang menamatkan Doktoralnya di Amerika tersebut menjelaskan maksud dari gerakan sholat berjamaah.
 
Lebih lanjut, Rektor juga menjelaskan bahwa nilai Islami memang Alhamdulillah sedikit banyak telah diaplikasikan di dalam kegiatan sehari-hari di Univrab. Salah satunya adalah dengan dilaksanakan dan adanya kelompok pengajian yang rutin dilaksanakan di Mesjid At-Thabrani setiap Jumat pagi.
 
"Univrab sebagai lembaga pendidikan tinggi selain memiliki kewajiban menaati tata aturan yang berasal dari pemerintah juga memiliki identitas keislaman. Salah satu hal yang ditekankan dalam Islam adalah melaksanakan dan menjaga ketepatan waktu untuk sholat fardhu. Kita juga memberlakukan Univrab sebagai Kawasan Tanpa Rokok yang juga telah dikuatkan dengan Surat Keputusan Rektor. Ini insyaallah akan kita laksanakan sebaik mungkin. Saatnya spirit Islami semakin kita kuatkan," ucap Rektor.
 
Khusus untuk Kawasan Tanpa Rokok (KTR) telah juga dikeluarkan SK Rektor Nomor 001/REK-UNIVRAB/SK/A/I/2016 dimana merupakan hasil dari rapat DPH Univrab dan disandarkan pada ajaran Islam yang memerintahkan menjaga kesehatan diri dan lingkungan. (rls)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri