Ini Bagian-bagian Daging Sapi yang Kaya Protein

Ini Bagian-bagian Daging Sapi yang Kaya Protein
Ilustrasi.

JAKARTA - Hari Raya Kurban atau Iduladha adalah momen yang baik untuk mengonsumsi daging. Mengonsumsi daging merah baik karena mengandung protein tinggi yang bagus untuk pertumbuhan. 

Dalam potongan daging sapi, umumnya terdapat lemak dan protein. Dalam rangka memperbaiki gizi dengan mengonsumsi lebih banyak protein, berikut adalah bagian-bagian daging yang perlu diburu di Iduladha ini:

1. Paha belakang atas

Daging dari bagian ini memiliki lebih banyak protein daripada lemak dengan perbandingan 7:1. Bagian daging ini tak hanya berisi protein, tapi juga zat besi tinggi yang sangat mudah diserap tubuh.

2. Paha

Bagian yang dalam bahasa Inggris disebut Knuckle ini berasal dari paha belakang bagian atas yang berada di antara penutup dan gandik. Bagian yang memiliki perbandingan protein-lemak sama dengan paha belakang secara keseluruhan ini, kaya akan vitamin B.

3. Bokong

Serupa dengan paha belakang atas, daging ini steak ini diambil dari daerah bokong sapi. Setiap porsi 3 ons daging bagian ini mengandung hampir 20 gram protein yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otot. Bagian ini juga mengandung antioksidan kuat. Perbandingan protein-lemak pada bagian ini adalah 4:1.

4. Has Luar

Bagian yang juga dikenal sebagai sirloin ini berlokasi di punggung tengah sapi. Kandungan lemak yang sedikit lebih banyak dari paha belakang membuatnya nikmat ketika dimasak. Selain enak, daging has luar ini mengandung sumber alami kreatin untuk meningkatkan energi, menguatkan otot jantung, dan banyak lagi. Protein dalam sirlong satu tingkat lebih tinggi perbandingannya dari daging bokong sapi.

5. Sandung Lamur

Bagian daging yang terletak di belakang kaki depan sapi ini berasal dari otot diafragma sapi. Seperti dilansir dari Bodybuilding, kandungan protein dalam bagian ini juga cukup tinggi dibanding lemaknya, yaitu sekitar 5:1. (ade/detik)


Berita Lainnya

Index
Galeri