Bangun Tol Pekanbaru-Padang Rp35 Triliun, Pemerintah Dapat Dana dari Mana?

Bangun Tol Pekanbaru-Padang Rp35 Triliun, Pemerintah Dapat Dana dari Mana?
Ilustrasi.

JAKARTA - Pemerintah berencana membangun jalan tol Pekanbaru-Padang. Proyek tol sepanjang 240 km yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan menelan biaya hingga Rp35 triliun.

Lantas, dari mana pemerintah mendapat dana sebanyak itu untuk membiayai pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang?

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan saat ini tengah menjajaki pembangunan jalan tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru menggunakan pinjaman dari Pemerintah Jepang, disamping skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan investasi sebesar Rp 35 triliun.

"Panjangnya mencapai 240 kilometer. Saya sudah bicarakan dengan pihak JICA Jepang dan minggu lalu timnya sudah datang melakukan survei lokasi. Sementara untuk opsi skema KPBU bisa melalui penugasan kepada PT Hutama Karya," paparnya.

"Mudah-mudahan dapat segera diputuskan sehingga pada tahun 2018 dapat dimulai pelaksanaannya," harap Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8/2017).

Mengacu data Kementerian PUPR, proses pembangunan tol Pekanbaru-Padang dalam tahap survei trase. Setelah diperoleh trase atau rute lintasan jalan tol, maka selanjutnya akan dilakukan proses penetapan lokasi (penlok) untuk selanjutnya dilakukan pembebasan lahan.

Proyek nasional ini akan dikerjakan oleh PT Hutama Karya. Proses pembangunan sendiri diperkirakan bakal dimulai 2018 mendatang. (max/detik)


Berita Lainnya

Index
Galeri