Jokowi Beberkan Alasan Sering Bagi-bagi Sepeda di Sejumlah Acara

Jokowi Beberkan Alasan Sering Bagi-bagi Sepeda di Sejumlah Acara
Presiden Jokowi bagi-bagi hadiah sepeda kepada anak-anak Kabupaten Yahukimo. (foto: humas setneg)

JAKARTA - Presiden Jokowi Widodo atau Jokowi membeberkan sejumlah alasan kenapa dirinya kerap bagi-bagi sepeda di setiap acara dan kunjungannya.

Dikutip dari akun Facebooknya, @jokowi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan, dari dulu dia senang bersepeda.

"Bersepeda itu mandiri dan bekerja keras. Kemajuan, kelajuan, juga kecepatan dihasilkan dari usaha sendiri, gerak tubuh sendiri, tanpa mesin atau dorongan tenaga orang lain," ujar Jokowi di akun FB-nya, Sabtu (26/8/2017). 

Jokowi menyatakan, bersepeda itu gambaran kebersamaan dari anggota tubuh yang beragam bentuk, fungsi dan posisinya. Dengan mengayuh sepeda seluruh anggota badan bergerak.

"Dua tungkai kaki mengayuh pedal seirama, mata memandang awas ke depan, tangan menggenggam kemudi seraya jari waspada menarik tuas rem," jelas dia.

Bersepeda, lanjut dia, bergerak maju dalam keseimbangan. Jika jalan menanjak, badan sedikit membungkuk. Jika berbelok ke kanan atau ke kiri, tubuh ikut menyelaraskan. Satu yang tetap, titik berat pesepeda selalu ada di tengah-tengah.

"Bersepeda itu untuk semua orang, semua usia, lintas suku dan peradaban," kata mantan Wali Kota Solo ini.

Terlepas dari itu, Jokowi menyatakan, bersepeda sehat dan baik buat lingkungan sekitar karena bebas polusi. "Karena itulah, saya senang berbagi sepeda di setiap acara dan kunjungan," kata Jokowi. (ade/liputan6)


Berita Lainnya

Index
Galeri