KPU dan Bawaslu Diminta Evaluasi Pilkada Serentak

KPU dan Bawaslu Diminta Evaluasi Pilkada Serentak
Wapres Jusuf Kalla/net

PEKANBARU - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melakukan pertemuan dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad. Pertemuan itu membahas evaluasi Pilkada serentak yang digelar Desember 2015 lalu.

"Relatif baik, kenyataannya kan baik. Ada satu-dua daerah itu ya itu diselesaikan oleh pihak keamanan tapi dari sisi penyelanggaraan saya kira kita berbangga bahwa negara yang begitu banyak pikadanya dapat aman. Berbeda dengan banyak negara," ujar JK di kantor wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, seperti dilansir detik.com, Selasa (12/1/2016).

Menyoal adanya penundaan pelaksanaan pilkada 2015 saat detik terakhir pencoblosan, JK menyebut hal itu dikarenakan adanya persoalan hukum yang mengganjal.

"Karena tiba-tiba keputusan dri PTUN karena ini kita harus taat hukum dan aturan. Jadi ya ditunda, ditunda sebulan, dua bulan," ucapnya.

Ke depannya, JK meminta kepada kedua lembaga ini untuk melakukan evaluasi dan perbaikan untuk menghadapi pilkada serentak 2017.

"Otomatis ini akan mendapat perbaikan-perbaikan," terangnya.*


Berita Lainnya

Index
Galeri