Bunyikan Lonceng Terakhir Hari Ini, Big Ben akan Membisu Hingga 4 Tahun ke Depan

Bunyikan Lonceng Terakhir Hari Ini, Big Ben akan Membisu Hingga 4 Tahun ke Depan
Big Ben mulai resmi membisu pada Senin (21/8/2017) hingga empat tahun ke depan. (foto: wallpaperscra

LONDON - Jam Big Ben mulai resmi membisu pada Senin (21/8/2017) hingga empat tahun ke depan. Membisunya ikon Inggris itu dikarenakan proses renovasi untuk mempertahankan kelestariannya. 

Lonceng terakhir Big Ben terdengar tepat pukul 12 siang waktu setempat. Ratusan orang menyaksikan jam besar itu dari luar komplek Gedung Parlemen yang berseberangan dengan Stasiun Westminster, Tower of London dan London Eye. 

Membisunya Big Ben kali ini merupakan yang pertama kali setelah terakhir kali terjadi pada 157 tahun yang lalu.

“Saya bisa melihat Big Ben dari tempat tinggal saya. Saya telah hidup bersamanya. Saya telah berusia 72 tahun dan khawatir inilah bunyi terakhir yang akan saya dengar,” kata, Denise Wiand, salah satu penduduk yang bermukim di seberang Sungai Thames.

Senada dengannya, Thomas Moser, turis asal Jerman yang telah berusia 54 tahun mengatakan hal yang sama.

“Orang-orang yang datang mendengarkannya dengan syahdu. Kami memang ingin mendengar setiap bunyinya. Ini momen yang sangat bersejarah,” kata Moser.

Belum ke Inggris jika belum melihat Big Ben, begitulah ungkapan yang populer dikatakan sesama turis. 

Proses renovasi menjadi alasan utama membisunya Big Ben. Namun banyak orang yang menduga kalau hal ini menjadi pertanda mengenai isu Brexit yang semakin tak tentu arah.

Sejumlah pihak menginginkan agar Big Ben tetap dibunyikan untuk menandakan peristiwa penting, seperti hari pahlawan dan Tahun Baru. Usulan ini masih terus dibicarakan di tingkat pemerintahan. 

Sebuah survei dari YouGov mengungkapkan kalau 44 persen penduduk Inggris setuju Big Ben dibiarkan membisu, sementara 41 persennya masih berharap jam kebanggaan mereka tetap berbunyi. (ade/cnn indonesia)


Berita Lainnya

Index
Galeri