Geser Apple, Xiaomi Kini Jadi Nomor Satu di Dunia

Geser Apple, Xiaomi Kini Jadi Nomor Satu di Dunia
Xiaomi menjadi penguasa pasaran wearable device (smartwatch) dunia setelah menggeser posisi Apple. (

JAKARTA - Apple pernah menguasai pasaran wearable device (smartwatch) dunia pada 2016 lalu dengan pangsa pasar mencapai kisaran 50 persen. Akan tetapi, hal tersebut kini telah berubah.

Posisi Apple sudah disalip oleh Xiaomi yang membukukan pengapalan produk wearable device sebesar 3,7 juta unit pada kuartal-II 2017, menurut firma riset pasar Strategy Analytics.

Xiaomi pun memegang predikat sebagai pabrikan wearable device terbesar di dunia dengan market share (17,1 persen)

Di bawah Xiaomi bercokol Fitbit dengan pengapalan 3,4 juta unit (market share 15,7 persen). Sementara, Apple ada di urutan ketiga dengan shipment di kisaran 2,8 juta unit (market share 13 persen).

Dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, pengapalan wearable device Xiaomi meningkat sekitar 700 ribu unit, sementara Apple lebih banyak di angka 1 juta unit.

Sebaliknya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (16/8/2017), angka pengapalan wearable device Fitbit turun jauh sebesar 1,7 juta unit.

Dari kategori dan segmentasi produk, terdapat perbedaan antara Apple dan dua pabrikan lain di tiga besar. Apple memgandalkan arloji pintar Watch yang harga jualnya lebih mahal dibanding produk-produk gelang pintar yang dikedepankan Xiaomi dan Fitbit.

Secara keseluruhan, pasaran wearable device global tumbuh sebesar 8 persen year-on-year pada kuaral-II 2017 dengan total angka pengapalan 21,6 juta unit. (max/kompas.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri