Tanda-tanda Ini Pastikan Jokowi Menangi Pilpres 2019

Tanda-tanda Ini Pastikan Jokowi Menangi Pilpres 2019
Presiden Joko Widodo.

JAKARTA - Pilpres 2019 memang masih dua tahun lagi. Tapi, prediksi dan simulasi siapa yang bakal maju dan akan melenggang ke Istana sudah menyeruak. Dengan kondisi saat ini, Joko Widodo (Jokowi) diyakini bakal kembali memenangkan pertarungan tersebut.

Hal itu banyak diungkapkan pakar dan pengamat politik, salah satunya J Kristiadi yang optimistis Jokowi kembali memenangkan kontestasi Pilpres pada 2019 nanti.

Salah satu indikator keyakinannya adalah sudah terlihatnya fraksi-fraksi partai pendukung pemerintah yang berhasil meloloskan presidential threshold 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional hasil Pemilu 2014.

Pendapat itu ia ungkapkan dalam diskusi publik Dinamika Polirik dan UU Pemilu di Jakarta, Sabtu (12/8/2017) kemarin. “Bau kemenyan kemenangan Jokowi sudah terasa. Namun, parpol pengusung dan tim relawan harus mulai menyusun langkah-langkah apa yang harus dibuat untuk memuluskan Jokowi,” ujarnya.

Kristiadi lantas membandingkan capaian pemerintahan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang pada lima tahun pertama tak memperlihatkan hasil kerja yang signifikan.

Begitu SBY masuk periode kedua, sambung Kristiadi, juga tetap tidak bisa menyelesaikan masalah seperti kasus Bank Century. “Masa sih lima tahun tidak tuntas-tuntas kasus Century? Karena itu pemerintahan Jokowi harus mengubah gaya seperti itu,” jelasnya.

Selain itu, Kristiadi juga mengkritik sejumlah kalangan yang masih mendebatkan PT 20-25 persen. Padahal, masih banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya bagaimana merawat kewarasan.

Menurutnya, banyak debat bertele-tele untuk menggiring opini melawan pemerintah. “Padahal banyak hal yang lebih substansial ketimbang urusan presidential threshold,” tambahnya.

Ia juga menyesalkan sikap politisi tanah air yang lebih suka berkutat pada angka-angka saja. “Kenapa tidak memperdebatkan isi pasal-pasalnya? Ini namanya demokrasi membunuh demokrasi,” pungkasnya. (max/pojoksatu.id)


Berita Lainnya

Index
Galeri