Tak Disangka, Pria Ini Bisa Kaya Raya dari Tanam Anggrek

Tak Disangka, Pria Ini Bisa Kaya Raya dari Tanam Anggrek
Ilustrasi.

HANOI - Biasanya tanaman anggrek digunakan untuk mempercantik rumah atau bahan ilmu pengetahuan. Namun, di tangan pria asal Vietnam Trinh Van Sy, tanaman anggrek dijadikan sebagai kunci untuk menjadi kaya raya.

Dikutip dari Vietnamnet.vn, Senin (31/7/2017), Sy, begitu kerap ia disapa, mendapatkan pendapatan sekitar 1 miliar dong Vietnam atau setara Rp586,1 juta (kurs Rp1: 1,7 dong Vietnam) dari menanam anggrek.

Pada 15 tahun yang lalu, dia mengunjungi hutan di Loc Bac, Loc Nam, Di Linh dan Bao Loc untuk mencari anggrek. Hal ini dilakukan Sy untuk menemukan bibit anggrek yang pas untuk ditanam dan dikembangkan olehnya. Mulanya, ia hanya menjual anggrek yang ditemukan dari hasil buruannya saja.

Namun, menyadari tingginya permintaan akan anggrek liar, Sy memutuskan untuk menciptakan spesies anggrek baru dengan cara menyilangkan dan menumbuhkan anggrek alami.

Dia menciptakan spesies daffodil, di mana bunga yang dihasilkan berwarna putih penuh. Dengan cara alami, Sy menggantung anggrek di udara terbuka dan kecambah akan timbul dari batang tanaman tua. Penciptaan spesies baru ini membantunya memenangkan hadiah pada kompetisi anggrek.

Di kebun anggrek Sy, pot anggrek digantung guna untuk mempergunakan area yang terbatas sebaik mungkin. Untuk mengembangbiakkan anggrek pada skala industri, Sy menempatkan anggrek di sebuah rumah dengan jaring yang tertutup dan membantu mencegah air hujan jatuh langsung ke tanaman.

Karena suhu lebih tinggi dari pada kondisi normal, banyak kecambah akan berkembang. Nantinya, tanaman yang sedang berkembang akan dibawa ke udara terbuka dan disiram. Anggrek tidak ditempatkan di rumah kaca karena anggrek liar lebih menyukai kondisi alam. Anggrek liar itu indah, tahan lama dan harum.

Menurut Sy, butuh modal yang besar untuk dapat merawat dan mengembangkan anggrek. Walaupun begitu, ia tidak menyerah. Ia terus mengembangkan usahanya tersebut.

Sampai saat ini, Sy sudah memiliki 200 spesies anggrek liar, termasuk spesies yang langka dan sudah jarang ditemukan. Sehingga, taman anggrek milik Sy telah berhasil menarik perhatian orang dari berbagai negara. (ade/liputan6.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri