Video Cowok Gondrong Urakan Jadi Imam Salat Ini Mendadak Viral, Siapakah Dia?

Video Cowok Gondrong Urakan Jadi Imam Salat Ini Mendadak Viral, Siapakah Dia?
Video Sofyan Alop saat jadi imam shalat. (foto: facebook.com)

JAKARTA - Pengguna media sosial Facebook mendadak gempar hari ini setelah akun Facebook Iqchalcedony Obi mengunggah video seorang pria gondrong dan tampak urakan menjadi imam dalam salat berjamaah di salah satu masjid.

Dalam video terdengar pria itu melantunkan Surah Jumah dengan fasih dan tartil. Selain netizen, Gubernur Maluku Utara KH Abdulgani Kasuba pun terkesima mendengar lantunan ayat suci Alquran yang merdu dari pria itu.

Lalu, siapakan pria itu? Ternyata dia adalah Sofyan Alop. Seorang aktor laga. Video itu ternyata diambil ketika Cupink Topan--sapaan akrabnya, sedang memimpin salat berjamaah di Hotel Bidakara.

“Subhanallah.. Sahabatku ini Cupink Topan, Putra Tidore yang juga aktor film laga. Qiraahnya luar biasa. Beliau menjadi imam di Hotel Bidakara. Gubernur Maluku Utara KH Abdulgani Kasuba sampai terkesima mendengarkan suaranya,” tulis Iqchalcedony Obi.

Merdunya suara Cupink Topan dalam video itu langsung mendapat perhatian dari warganet. Apalagi penampilannya yang cenderung ‘slengean’ itu ternyata memiliki suara indah saat membaca Alquran.

Hingga Ahad (30/7/2017) malam, video pria asal Tidore tersebut sudah diputar 6 juta kali dan dibagikan 84 ribu orang.

Lantas seperti apa perjalanan karier pria yang akrab dengan sebutan Cupink Topan itu?

Setelah menamatkan sekolahnya di SMK Tidore jurusan Akuntansi, Cupink Topan melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan. Niatnya diawal kuliah, Ia ingin mengambil jurusan Ekonomi Islam. Namun, dia justru terdampar di Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

“Saya bisa mengukur kemampuan saya sendiri. Semester V, tiap kali presentasi kami harus menggunakan bahasa Arab. Jujur, saya kewalahan. Akhirnya saya berniat pindah fakultas,” kata Sofyan Alop ketika berkunjung ke Kantor Redaksi Malut Pos (Jawa Pos Group) baru-baru ini.

Jalan tidak begitu mulus bagi pendidikan Cupink Topan. Proses pengurusan pindah fakultas yang ribet membuatnya memutuskan berhenti kuliah pada 2006 silam.

Meski demikian, pengalamannya bermain teater saat masih berstatus mahasiswa menjadi pelajaran yang berharga baginya. Pentas teater berjudul Kertas Kosong yang digagas oleh Himpunan Pelajar Indonesia Nuku Makassar (HIPMIN) itu menjadi awal perkenalannya dengan dunia peran.

“Di sanalah saya pertama belajar teknik olah pernapasan, olah vokal, intonasi, aksi, reaksi, improvisasi, juga artikulasi,” jelasnya.

Setelah itu, Sofyan Alop alias Cupink Topan memantapkan pilihannya pada seni peran. Meski demikian, cowok 33 tahun asal Tidore itu tidak pernah menyangka akan menginjakkan kaki di dunia peran.

Sebagai anak daerah, bayangan awalnya ketika merantau ke kota besar hanyalah mendapatkan ijazah untuk bekerja. Tapi nasib berkata lain. Sepuluh tahun lalu, Sofyan Alop dipaksa temannya untuk mengikuti lomba modelling. Ternyata langkah itu menjadi pembuka jalan bagi kariernya di dunia akting.

“Pada akhirnya berakting dan menjadi aktor adalah passion saya,” imbuhnya.

Sofyan Alop kemudian mulai mendapat tawaran beberapa judul film. Salah satunya dia pernah terlibat dalam film The Raid Redemption (2011). Namun belakangan ini namanya tidak bersinar lagi. Hingga akhirnya kembali mendadak tenar lewat video menjadi imam shalat itu. (max/pojoksatu)


Berita Lainnya

Index
Galeri