Selamat Tinggal, Microsoft Paint!

Selamat Tinggal, Microsoft Paint!
Aplikasi Microsoft Paint dipastikan akan menghilang dalam pembaruan Windows 10 berikutnya dari Micro

JAKARTA - Aplikasi Microsoft Paint dipastikan akan menghilang dalam pembaruan Windows 10 berikutnya dari Microsoft, yang disebut dengan pembaruan Autumn.

Versi awal aplikasi tersebut dirilis pada Windows 1.0 pada tahun 1985 lalu. Aplikasi tersebut kemudian menjadi editor grafis pertama yang digunakan oleh banyak orang dan menjadi bagian inti Windows.

Mulai rilis dengan versi sederhana, yakni monokrom 1-bit dari Kuas PC ZSoft. Aplikasi tersebut tidak bisa menyimpan gambar dengan versi JPEG hingga Windows 98. Sebelum tahun 1998, Paint terbatas pada format bitmap (BMP) dan PCX.

Versi Paint terbaru untuk Windows 7 jauh lebih baik, namun masih dianggap fitur yang buruk dibandingkan dengan alternatif gratis lainnya seperti Paint.NET.

Namun pembaruan Windows 10 yang dirilis pada bulan April, Microsoft memperkenalkan Paint 3D baru, yang dipasang di samping Paint tradisional dan dilengkapi alat pembuatan gambar 3D serta beberapa pengeditan gambar dasar 2D. Namun, aplikasi itu bukanlah pembaruan dari Paint asli dan tidak berperilaku seperti aplikasi Paint yang ada. 

Namun demikian, penghapusan Microsoft Paint sendiri belum secara resmi diumumkan ke publik. Demikian seperti dimuat The Guardian. (max/rmol.co)


Berita Lainnya

Index
Galeri