Tak Lama Lagi, Facebook Messenger Akan Berhias Iklan

Tak Lama Lagi, Facebook Messenger Akan Berhias Iklan
Facebook Messenger. (Foto: androidpit.com)

JAKARTA - Pundi-pundi uang Facebook akan kian gendut. Setelah berhasil memonetisasi Youtube dan Instagram, kini layanan media sosial itu pun memonetisasi layanan perpesanannya, Facebook Messenger. 

Dalam beberapa minggu ke depan, Facebook akan merilis iklan pada layanan Messenger-nya ke seluruh dunia. Sebelumnya, Facebook sudah sempat mengetes fitur ini dalam versi beta di Australia dan Thailand. Facebook akan terus meningkatkan fitur iklan untuk Messenger dan merencanakan akan mengeluarkan promo bertarget pada akhir tahun. 

Pimpinan Produk Facebook Messenger, Stan Chudnovsky menyebutkan bahwa iklan adalah bagaimana Facebook menghasilkan uang saat ini. Meski ada model bisnis lain yang tengah dipertimbangkan, namun mereka semua terkait dengan iklan. Dengan kata lain, jangan harap Facebook memikirkan cara lain untuk mendulang uang selama iklan masih mendatangkan keuntungan besar. 

Facebook akan mengarahkan jenis iklan yang tampil di Messenger. Selain iklan akan mengarahkan pengguna pada sebuah situs web, Facebook juga mendorong iklan yang akan mengarahkan pengguna Messenger agar bisa berbincang dengan bisnis yang beriklan. 

Namun, sebagian pengguna mengeluhkan bahwa iklan di layanan Messenger Facebook ini mengganggu kenyamanan penggunaan. Alasannya, iklan yang tampil di Messenger mereka berukuran besar dan iklan yang ditampilkan tidak relevan, seperti ditulis TechCrunch. 

Sebab, Facebook meyakini bahwa pengguna akan lebih merespon iklan yang membawa mereka pada perbincangan. Namun, masih belum diketahui apakah model iklan seperti ini akan mengundang ketertarikan pengguna atau tidak. Jika tak berhasil, ada kemungkinan pengguna Facebook Messenger akan beralih menggunakan layanan perpesanan lain yang bebas iklan, demikian tulis Venture Beat. (ade/cnn)


Berita Lainnya

Index
Galeri