Toko Sosial HWK Sumbar Ditutup dengan Balanjuang Bersama Kaum Dhuafa

Toko Sosial HWK Sumbar Ditutup dengan Balanjuang Bersama Kaum Dhuafa
Acara Balanjuang HWK Sumbar, Buka Bersama Kaum Dhuafa, Sabtu (10/6/2017). (Foto: Dok. Diatunes Manag

PADANG - Kegiatan sosial yang digencarkan oleh Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumbar pada bulan Ramadan 1438 H ini, berupa penyelenggaraan Toko Sosial (Charity Shop HWK Sumbar) telah ditutup pada hari Sabtu, 10 Juni 2017, dalam bentuk acara Balanjuang Bersama (Berbuka Bersama) di depan Toko Sosial HWK Sumbar, Jalan Chatib Sulaiman No. 24 Padang. Acara yang dimulai dari jam 17.00 WIB ini berjalan sukses dan religius.

"Ini adalah kegiatan amal. Hasil penjualan dari toko sosial kita gunakan untuk berbuka bersama para kaum dhuafa, anak yatim, warga sekitar, anak-anak bertalenta, dan FKPPI. Sebelumnya kita juga melakukan buka bersama di Surau Buluah," kata Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt, MSi, CA, QIA., Ketua HWK Sumbar yang juga adalah Inspektur Khusus di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, ketika kami wawancarai saat acara berlangsung.

Acara yang dihadiri lebih dari 150 orang ini digelar di atas trotoar jalan Chatib Sulaiman, Padang.

"Ini adalah cara romantis dari HWK Sumbar untuk menciptakan kedekatannya dengan semua lapisan masyarakat. Mungkin jarang orang melakukan buka bersama di atas trotoar seperti pada acara kita ini," kata Emma Yohanna, Dewan Kebijakan HWK Sumbar, yang juga adalah Anggota DPD RI, saat menyampaikan kata sambutannya pada acara ini.

Toko Sosial ini telah dibuka dari tanggal 1- 10 Juni 2017. Menjual barang-barang kebutuhan lebaran untuk warga kurang mampu, dengan harga di bawah pasaran, seperti baju kemeja dijual dengan harga Rp.5 Ribu, dan sembako dengan hampir separuh harga.

"Alhamdulillah, Toko Sosial kita ini tidak pernah habis barang yang dijual meski terus diburu warga kurang mampu. Para donatur selalu berdatangan, memberikan bantuan barang untuk kami jual," kata Yeni Zafitri, Ketua Harian HWK Sumbar yang ikut memberikan kata sambutan.

Melihat antusias masyarakat kurang mampu mendatangi Toko Sosial HWK Sumbar, Haslinda, Wakil Ketua HWK Sumbar yang menjadi Pembawa Acara ini mengatakan, “Insya Allah, tahun depan Toko Sosial HWK Sumbar akan diadakan kembali.”

Sebelum berbuka puasa bersama, acara diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh ustaz H.M. Nur. Dilanjutkan dengan doa buka puasa bersama, dan salat maghrib berjamaah, serta makan bersama.

Para kaum dhuafa, anak yatim, dan masyarakat sekitar yang menghadiri acara ini juga diberikan sembako dan pakaian, berdasarkan kupon yang telah dibagikan pada hari sebelumnya. 

Laporan: Muhammad Fadhli (Padang)


Berita Lainnya

Index
Galeri