Pendingin Oli Bermasalah, Ribuan Unit Harley Davidson Ditarik

Pendingin Oli Bermasalah, Ribuan Unit Harley Davidson Ditarik
Ilustrasi. (fool.com)

JAKARTA - Harley Davidson memutuskan untuk menarik puluhan ribu unit motornya lantaran ditengarai mempunyai masalah pada bagian penutup oli pendingin. Recall terjadi kepada sedikitnya 45 ribu unit motor touring.

Pengikat kebocoran oli pendingin diduga tidak terpasang pada semustinya. Masalah demikian ditengarai meliputi keluaran dari pabrikan asal Amerika Serikat itu diantaranya model touring H-D 2017, termasuk Electra Glide Ultra Classic, Road King, Road King Special, Street Glide, Street Glide Special, Road Glide, Road Glide Special, Police Electra, dan Police Road King.

Dari data yang dirilis oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang merupakan lembaga keselamatan jalan raya di Amerika Serikat, mengutip dari RideApart, motor dengan masalah tersebut ialah produksi keluaran 2 Juli 2016 sampai 9 Mei 2017.

Komponen yang terpasang tidak mengikat sempurna, sehingga berpeluang terjadinya kebocoran dipenampungan pelumas. Saluran oli berkode 10198, 10080, dan 10344 diketahui yang memiliki masalah.

Masalah ini pertama kali terungkap pada Maret 2017, saat seorang uji coba di diler Harley-Davidson menjalankan dyno dan menemukan tetesan oli pendingin. Insiden tersebut mendorong pabrik melakukan tinjauan laporan garansi dan memulai penyelidikan formal.

Penyelidikan ditutup pada bulan April 2017 ketika tidak menemukam cacat semacam itu seperti keluhan di lapangan. Namun investigasi dibuka kembali, ketika perusahaan  menerima laporan bahwa sebuah penutup oli telah terlepas dan menyebabkan kecelakaan.

Dalam tinjauan selanjutnya, Harley-Davidson memperoleh sembilan laporan tentang masalah serupa di lapangan yang mencakup dua kecelakaan, termasuk yang mengakibatkan luka ringan. Investigasi itu menyebabkan penarikan kembali.

Produsen kemudian menarik kesimpulan bahwa masalah itu berkaitan dengan operasi yang diabaikan oleh pekerja pabrik. Atas hal itu Harley Davidson memulai proses recall pada pertengahan Mei lalu, dan memerintahkan semua dealer menginspeksi semua unit sepedamotor yang terdampak dan membetulkan pengikat oli pendingin mesin sebagaimana mustinya.

Ini bukanlah kali pertama keluaran Harley menuai masalah. Tahun lalu, dilaporkan bahwa penyelidikan sedang dilakukan berdasarkan keluhan dari salah seorang pemilik Harley-Davidson yang mengatakan bahwa rem mereka telah gagal. NHTSA mengatakan, penyelidikan mencakup 430 ribu unit dengan sistem pengereman anti-lock dari model 2008 hingga 2011.

Namun, laporan tersebut tidak menghasilkan recall, dan mengindikasikan bahwa beberapa kegagalan rem mungkin merupakan hasil dari pemilik yang tidak mengikuti rekomendasi pabrik, untuk mengganti minyak rem setiap dua tahun. (ade/cnn)


Berita Lainnya

Index
Galeri