Soal Sengketa Lahan, Komisi 1 DPRD Inhil: Kami Harus Membela Rakyat

Soal Sengketa Lahan, Komisi 1 DPRD Inhil: Kami Harus Membela Rakyat
Komisi I DPRD Inhil melakukan peninjauan sengketa lahan antardua keluarga di Dusun Semaram, Desa Sek
TEMBILAHAN - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan peninjauan sengketa lahan antardua keluarga di Dusun Semaram, Desa Sekayan, Kecamatan Kemuning, Jumat (26/5/2017).
 
Kunjungan tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi I DPRD Indragiri Hilir, Yusuf Said dan didampingi Muamar AR, M Kausar, Malian Gazali, tampak pula aparat kepolisian, camat, kepala desa serta toma dan toga.
 
“Kami meninjau lokasi di daerah Semaram Desa Sekayan Kecamatan Kemuning ini. Karena laporan dari warga masyarakat. Kami datang kemari juga untuk mencari bahan masukan apa yang sebenarnya terjadi di sini," kata Yusuf Said kepada media.
 
Yusuf Said memastikan, jika masyarakat dalam kondisi benar, namun dirugikan, tentu harus dibela. Tak dipungkiri juga, masih banyak permasalahan sengketa lahan. Sehingga ia berkomitmen untuk merespon aspirasi dan laporan masyarakat yang dirugikan oleh berbagai pihak. Menurutnya hal itu sudah menjadi tugas wakil rakyat. 
 
“Kita cari pembenaran, tapi kita tidak ingin juga masyarakat dirugikan. Kalau perlu ada mediasi, kita akan membantu menjadi fasilitator, memfasilitasi supaya ada dialog sehingga kemudian nanti ada titik temunya,” harap politisi asal Dapil 3 itu.
 
“Kami harus membela rakyat. Semoga sebelum ada proses hukum, ada penyelesaian melalui proses mediasi,” tuturnya. Persoalan sengketa lahan itu perlu segera diselesaikan dan perlu diambil langkah-langkah kongkrit dari pemerintah untuk melindungi warga.
 
Dia berharap kepada masyarakat agar tenang apalagi saat ini tengah memasuki bulan suci Ramadan. "Kami berada di belakang Bapak/ibu semua, kalau bapak diusir dari sini berarti bicara dulu sama kami, jangalah dibuat takut," ungkapnya.
 
Sementara itu, Hadi salah satu masyarakat meminta agar DPRD untuk melindungi masyarakatnya yang saat ini dalam kesulitan.
 
"Kami mohon dan minta tolong kebijaksanaan DPRD Inhil melindungi kami sebagai rakyat yang di bawah, ini untuk membangun kampung kita dan satu-satunya lahan kami menghidupkan anak dan cucu kami," harap Hadi. (Guntur/Adv)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri