Mulai 2016, Beli Elpiji 3 Kg Wajib Pakai Kartu Miskin

Mulai 2016, Beli Elpiji 3 Kg Wajib Pakai Kartu Miskin
JAKARTA - Untuk menjaga distribusi elpiji 3 kg tepat sasaran, Kementerian ESDM mulai tahun depan akan menerapkan sistem kartu untuk pembelian epiji tabung melon tersebut.
 
Dirjen Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, sistem distribusi tertutup elpiji 3 kg ini harusnya dilakukan tahun ini. Tapi tertunda karena ada Pilkada serentak. Untuk awal, kebijakan ini akan diterapkan di kota Tarakan, Kalimantan Utara.
 
"Pilot project kemungkinan kota Tarakan karena sudah siap, dari roadmap beberapa kota tahun depan. Ada 4 sistem kartu subsidi langsung, kartu monitoring, finger print akan dikerucutkan dicoba dulu di 2/3 wilayah Tarakan sebagai pilot project," ujar Wiratmaja di kantornya, Plaza Sentris, Kuningan, Jakarta, Selasa (22/12/2015).
 
Lewat kebijakan ini, maka yang berhak mendapatkan elpiji 3 kg adalah mereka yang memiliki kartu 'miskin' ini.
 
"Kalau yang nggak berhak belinya yang warna pink, yang bright tidak ada kenaikan harga. Kenaikan harga tentu ada sesuai nota keuangan yang Rp 1.000/kg di tahun 2016," ujarnya.
 
Untuk penerimanya, sedang dikaji apakah yang sangat miskin atau yang menengah. Nanti akan dibuat datanya untuk mereka yang bisa menerima kartu tersebut. (max/dpc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri