EKONOMI

Timbun Sembako Jelang Ramadan dan Idulfitri, Izin Usaha Distributor Dicabut!

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Provinsi Riau, Dahrius Husen.
PEKANBARU - Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Riau, Dahrius Husen mengingatkan bagi distributor sembako 'nakal' yang sengaja menimbun atau mempermainkan harga, maka konsekuensinya adalah izin usahanya akan dicabut. 
 
Karena itu, menjelang Ramadan dan Idulfitri nanti, pihaknya akan terus melakukan pengawasan ke sejumlah distributor yang ada di Pekanbaru. Jika nantinya terbukti ada ditemukan makan, maka sesuai dengan ketentuan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Riau akan membuat rekomendasi pencabutan izin usahanya.
 
"Makanya untuk mengantisipasi, kita terus mengingatkan, kemudian mengawasi agar jangan sampai ada penimbunan atau permainan harga," kata Darius seperti dikutip dari Riauterkini.com, Rabu (3/5/2017).
 
Hanya saja, berbicara pencabutan izin usaha, memang tidak serta merta bisa dilakukan, mesti ada tahapan. Mulai dari sanksi administrasi, teguran, peringatan maka jika tidak ada diindahkan maka bisa dicabut. "Yang mencabut adalah kementerian terkait. Kita sifatnya merekomendasikan," ungkap Darius. 
 
Ada pun untuk ketersediaan sembako, Darius menjamin aman selama tidak ada faktor yang bisa menghambat, seperti bencana alam. Pasalnya, sebagian besar sembako di Riau didatangkan dari luar provinsi seperti Sumatera Barat. Sementara untuk daging sapi dari Lampung ataupun Jawa. 
 
"Kalau sudah ada bencana tentu sembako kita sebagian besar didatangkan dari luar provinsi pasti bermasalah. Namanya juga jalur terhambat. Tapi tentu harapan kita ini tak terjadi," ujar Darius. (max/rtc)
 



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video