Toyota: Mobil Hasil Desain Orang Indonesia, Yaris Heykers Laris Manis

Toyota: Mobil Hasil Desain Orang Indonesia, Yaris Heykers Laris Manis
Toyota Yaris Heykers.
JAKARTA - Mobil Toyota yang didisain oleh orang Indonesia, Yaris Heykers cukup laris. Dari total penjualan Yaris, Heykers berkontribusi hingga 50 persen. Hal tersebut membuktikan bahwa pengembangan produk lokal jadi unggulan Toyota di pasar Indonesia.
 
"Kami bersyukur TAM sudah dapat persetujuan dari Toyota Motor Corporation (TMC) untuk jadikan Heykers sebagai salah satu line-up di Indonesia dan diterima baik oleh masyarakat, seperti terlihat daru kontribusinya sekitar 50 perseb dari total penjualan Toyota," ujar Executive General Managet TAM, Fransiscus Soerjopranoto, kepada wartawan di arena Indonesia International Motor Show, JI Expo Kemayoran, Jakarta.
 
TAM sendiri lanjut Soerjo mengatakan, telah mengembangkan desain komponen lokal sejak 2006 yaitu front grille ornament untuk Toyota Vios. Sejak itu Toyota terus kembangkan desain komponen lokalnya untuk model yang ada di pasar Indonesia. "Mulai dari Agya, Etios, Avanza, Rush, Sienta, Innova, Fortuner dan lainnya," katanya.
 
Selain itu Chief Designer TAM, Donny Adhi Yuwono menambahkan sekitar 2.600 komponen lokal yang telah dibuat oleh C&A Planning and Design Department sebagai penanggung jawab. "2.600 komponen lokal yang sudah berhasil didesain dan diproduksi untuk meningkatkan total ownership benefit bagi pelanggan Toyota," tuturnya.
 
Komponen tersebut antara lain digunakan pada line up Avanza Luxury, Yaris TRD Sportivo, Innova Luxury, NAV-q V Grade, Rush TRD Sportivo, Sienta A Grade, Agya TRD S, Yaris TRD Sportivo, Vios dan Etios TOM'S. "Semua itu memberikan kontribusi yang signifikan kepada penjualan di masing-masing segmen," ucap Donny.
 
Bahkan menurut Soerjo sejumlah komponen tersebut sukses menembus pasar luar negri kebeberapa negara melalui 4 produk yaitu Innova, Fortuner, Yarid, dan Agya. "Ini menunjukan bahwa komponen lokal yang dikembangkan TAM telah diterima dunia dengan standar kualitas Toyota Global," pungkasnya. (max/dtc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri