May Day, Sekitar 150.000 Buruh Akan Unjuk Rasa di Depan Istana Negara

May Day, Sekitar 150.000 Buruh Akan Unjuk Rasa di Depan Istana Negara
Ilustrasi.
JAKARTA - Sekitar 150.000 buruh yang tergabung dalam berbagai serikat pekerja akan berkumpul di depan Istana Negara pada Senin (1/5/2017) untuk berunjuk rasa. Unjuk rasa pada Hari Buruh atau "May Day" itu akan melibatkan buruh dari seluruh wilayah di Indonesia.
 
"Rencananya massa dari perwakilan buruh bisa mencapai 150.000 orang. Kami akan kumpul dulu di patung kuda lalu long march menuju Istana Negara," kata Presiden Konfederesi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal seperti dilansir Kompas.com, Ahad (30/4/2017) sore.
 
Said menjelaskan, secara keseluruhan, diperkirakan ada sekitar setengah juta lebih yang akan turun di 32 provinsi seluruh Indonesia.
 
Mereka akan unjuk rasa di depan kantor-kantor pemerintahan dengan membawa tiga isu utama, yaitu penghapusan sistem outsourcing dan magang, menuntut jaminan sosial bagi para pekerja, serta tolak upah murah.
 
Secara terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan polisi menurunkan 15.000 personel untuk mengamankan aksi besok.
 
Argo berharap, jalannya aksi besok berlangsung kondusif dan tidak ada kepadatan arus lalu lintas. "Mudah-mudahan tidak banyak kendaraan karena tanggal merah. Nanti situasi di lokasi bagaimana, akan disesuaikan lebih lanjut," tutur Argo. (max/kcm)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri