Ikuti Tips Berikut Ini supaya Kuota Internet Anda Hemat

Ikuti Tips Berikut Ini supaya Kuota Internet Anda Hemat
Ilustrasi.
JAKARTA - Hari ini, Jumat (28/4/2017), lini masa media sosial dihebohkan dengan aksi peretasan laman www.telkomsel.com. Hal tersebut terjadi tak lain karena kekesalan pelanggan atas mahalnya tarif kuota internet yang ditawarkan oleh anak perusahaan Telom, yaitu Telkomsel.
 
Ada tuntutan agar tarif paket internet lebih murah dalam aksi peretasan tersebut, dan tidak perlu dibagi dalam 2G/3G/4G. Selain itu, tidak seperti kasus peretasan lainnya, aksi ini justru diaminkan oleh banyak netizen yang merasa nasibnya sama dengan si peretas.
 
Habisnya kuota internet dengan cepat kadang tidak disadari meski ada pilihan kuota internet yang disertai pilihan bonus penyerta. Ada beberapa hal, misalkan fitur dalam smartphone yang juga bisa jadi penyebabnya. 
 
Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa cara cerdas dalam menggunakan paket internet supaya tidak cepat habis. Berikut tipsnya:
 
Manfaatkan Wi-Fi
 
Mungkin terdengar sedikit pelit ketika harus memanfaatkan jaringan wi-fi yang ada di suatu tempat. Namun, hal tersebut dapat membantu dalam mengurangi pemakaian kuota internet.
 
Ketika misalkan, Android sudah tersambung dengan Wi-Fi, segeralah aktifkan auto apdate untuk aplikasi yang ada di handphone.
 
Wi-fi dapat digunakan untuk meng-update sejumlah aplikasi yang telah diunduh. Jika hanya menggunakan kuota dari provider pribadi, maka kuota akan cepat habis karena penggunaannya yang cukup besar.
 
Selain itu, wi-fi juga dapat digunakan untuk streaming musik dan video. Hal itu lebih menjanjikan daripada menggunakan paket internet dari provider pribadi.
 
Matikan Sinkronisasi
 
Paket data 4G memang terbilang cepat dan memiliki banyak bonus, tapi penggunanya juga harus berhemat dalam penggunaannya.
 
Salah satu caranya adalah dengan mematikan fitur sinkronisasi di sejumlah aplikasi yang jarang digunakan. Hal tersebut dapat menghemat kuota internet.
 
Aktifkan data saver
 
Pencarian informasi selalu dibutuhkan oleh pengguna telepon genggam. Salah satu aplikasi browser yang dinilai hemat kuota adalah Google Chrome.
 
Tentu saja bukan tanpa alasan Google Chrome disebut sebagai aplikasi ramah kuota. Hal itu karena terdapat fitur Data Saver yang diklaim dapat menghemat kuota hingga 50 persen.
 
Selain itu, Opera Mini juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk menghemat kuota.
 
Aktifkan kuota saat dibutuhkan
 
Penggunaan kuota internet tidak mungkin dilakukan dalam 24 jam tanpa henti. Seseorang dapat memanfaatkan waktu tidurnya dengan mematikan paket data internet di handphone. Tentu saja, paket internet akan hemat saat hal itu dilakukan. (ade/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri