Harga Getah Karet Anjlok, Petani Mulai Menjerit

Harga Getah Karet Anjlok, Petani Mulai Menjerit
Ilustrasi.
BENGKALIS - Sejak sebulan terakhir harga getah karet di Pulau Bengkalis terus mengalami penurunan. Meskipun harga getah karet sempat menembus harga Rp11 ribu perkilogram, namun kini hanya diharga Rp5 ribu hingga Rp6 ribu perkilogram yang terjadi sejak dua pekan terakhir ini. 
 
“Turun harga karet sekarang, hanya Rp5 ribu perkilo. Terus turun jual sebelumnya bisa Rp8 ribu perkilo,” ungkap Boinah, salah seorang penyadap karet di Desa Jangkang, Kecamatan Bantan kepada wartawan di kediamannya, Selasa (25/4/2017) seperti dilansir Riauterkini.com. 
 
Harga getah karet juga mengalami penurunan di wilayah Timur Pulau Bengkalis, pekan sebelumnya bertengger diharga Rp8 ribu saat ini hanya Rp6 ribu. “Semakin jeblok (turun drastis, red) sekarang turun lagi menjadi Rp6 ribu perkilogram,” ujar Yogi, salah seorang warga Desa Kembung Luar secara terpisah. 
 
Meskipun harga hasil sadapan getah karet terus turun untuk dijual, sebagian besar petani di daerah ini tidak ada pilihan lain untuk terus menyadap karet demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dan sebagian lainnya, juga terpaksa mengadu nasib ke negara Malaysia, menjadi buruh bangunan untuk menambah penghasilan. (max/rtc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri