378 Mahasiswa Peserta KKN STIE-I Resmi Dilepas

378 Mahasiswa Peserta KKN STIE-I Resmi Dilepas
Pelepasan mahasiswa KKN STIE Indragiri Rengat. (ist)
RENGAT - Sebanyak 378 mahasiswa  peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, resmi dilepas keberangkatannya oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Inhu Suratman, Kamis (24/2/2017) di halaman kampus STIE-I.
 
Selain dihadiri ratusan mahasiswa, turut hadir pada acara pelepasan tersebut beberapa kepala dinas, kepala badan dan kepala kantor di lingkungan Pemkab Inhu, Camat se Kabupaten Inhu, kepala desa, perwakilan BUMN dan BUMD serta para civitas akademik STIE-I.  
 
Menurut Ketua STIE-I Ivalaina Astarina, sebelum pelepasan peserta KKN ini pihaknya juga telah menyelenggarakan program pembekalan bagi 30 dosen pembimbing lapangan sekaligus pelatihan pembuatan blog desa yang melibatkan puluhan mahasiswa peserta KKN. Nantinya ratusan peserta KKN angkatan ke X ini, akan melaksanakan program KKN di 30 desa yang tersebar di 14 kecamatan se Kabupaten Inhu.
 
“Nantinya dari setiap desa penempatan, ada dua mahasiswa yang bertugas untuk memberikan berbagai informasi melalui blog desa terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan selama KKN sekaligus mengangkat berbagai potensi dari desa-desa tersebut,” jelasnya.
 
Guna mewujudkan target dari pelaksanaan program KKN tahun ini, lanjut Ivalaina pihaknya juga menjalin kerjasama dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Inhu diantaranya Badan Kesbangpol Inhu, DisKominfo, Disperindagpas, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Badan Lingkungan Hidup Inhu.
 
“Keterlibatan sejumlah OPD ini dalam rangka mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan KKN PPM sehingga dengan begitu, target serta tujuan untuk menggali potensi desa agar dapat terlaksana secara maksimal,”
 
Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Indragiri Sunardi Ibrahim mengharapkan khusus kepada seluruh mahasiswa peserta KKN mampu beradaptasi dengan lingkungan masyarakat yang ada di desa sehingga pelaksanaan kegiatan KKN dapat berjalan lancer dan sukses.
 
“Terima kasih kepada semua pihak termasuk Pemkab Inhu yang telah memberikan dukungannya. Kepada para mahasiswa peserta, saya berharap nantinya mampu memberikan kesan positif, beretika dan santun kepada masyarakat selama melaksanakan program KKN ini,” ungkapnya.
 
Harapan senada juga diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Inhu Suratman saat menyampaikan pidato Bupati Inhu. Suratman mengharapkan melalui kegiatan KKN yang akan dilaksanakan selama dua bulan kedepan ini mampu mendorong empati para mahasiswa terhadap kondisi sosial masyarakat sekaligus memberikan sumbangsih bagi penyelesaian persoalan yang ada di lingkungan masyarakat.
 
“Sebagai mahasiswa, harus bisa menggali potensi, melakukan inovasi dan menerapkan ilmu yang kita miliki dalam lingkungan masyarakat. Berikanlah motivasi kepada masyarakat sekaligus pemahaman dalam membangun desa dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat,”  tutup Suratman.
 
Acara pelepasan peserta KKN tersebut ditutup dengan penandatanganan MoU antara pihak STIE-I bersama Badan Kesbangpol Inhu, Diskominfo, Disperindagpas, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Badan Lingkungan Hidup Inhu. (max/rls)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri