Tepati Janji, Trump Perintahkan Pembangunan Tembok Meksiko

Tepati Janji, Trump Perintahkan Pembangunan Tembok Meksiko
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.
JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Donald Trump resmi memerintahkan pembangunan tembok pembatas antara negaranya dan Meksiko. Langkah ini dilakukan memenuhi janjinya semasa kampanye, untuk mencegah imigran ilegal masuk dari tetangganya itu. 
 
Dia mengunjungi Departemen Keamanan Negara untuk menandatangani perintah untuk mulai kerja “membangun pembatas fisik besar di perbatasan selatan,” kata pernyataan Gedung Putih yang dikutip AFP, Rabu waktu setempat (25/1/2017).
 
Gedung Putih tidak merinci perintah yang ditandatangani Trump. Namun, Sang Presiden, sebagaimana diberitakan laporan langsung CNN, menandatangani dua dokumen dalam kesempatan kali ini. 
 
Dia mengangkat dokumen pertama dan mengatakan “ini soal keamanan perbatasan. Kita sudah berbicara soal ini dari awal."
 
Sementara itu, setelah menandatangani dokumen kedua, Trump bilang, “meningkatkan keamanan publik di dalam negeri AS.” 
 
Trump sebelumnya juga mengancam akan menghapus kesepakatan perdagangan internasional untuk melindungi lapangan pekerjaan Amerika Serikat. 
 
Dia telah menandatangani memo untuk menarik diri dari kesepakatan dagang Kemitraan Trans-Pacific (TPP). Kesepakatan ini adalah unggulan presiden sebelumnya, Barack Obama. 
 
Presiden Meksiko Pena Nieto belum lama ini mengatakan dirinya akan mencoba menegosiasikan kespekatan bilateral baru dengan anggota TPP lain untuk melindungi kepentingan dagang Meksiko. 
 
“Walaupun Meksiko mengakui hak kedaulatan negara untuk menjamin keamanan, Meksiko tidak percaya pada tembok. Negara kami mempercayai jembatan,” ujarnya menanggapi rencana Trump memperkuat perbatasan. 
 
Dia mengatakan negaranya bersedia untuk menegosiasi hubungan dengan Amerika. Namun, dia meyakinkan, Meksiko tidak akan tunduk pada Trump. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri