PARLEMEN

2017, Banggar dan TAPD Naikkan Anggaran Pendidikan Riau 30 Persen

Ade Hartati Rahmat.
PEKANBARU - Sebagai bentuk komitmennya dalam memajukan pendidikan di Riau, Banggar DPRD Riau dan TAPD Provinsi Riau sepakat menaikkan anggaran pendidikan sebesar 30 persen dari total RAPBD Murni tahun 2017. 
 
"Jika sebelumnya anggaran pendidikan hanya 20 persen dalam APBD, tahun depan kita naikkan sebesar 30 persen dari total jumlah APBD 2017," kata Ade Hartati Rahmat, anggota Banggar, dilansir Riauterkini.com, Senin (21/11/2016). 
 
Ia pun menjelaskan, 30 persen anggaran yang dimaksud sudah mencakup seluruh yang berkaitan dengan pendidikan. Seperti, biaya belanja pegawai, belanja tidak langsung, pembangunan gedung sekolah, gaji guru dan lainnya. 
 
"Ada juga untuk bantuan operasional siswa di daerah. Anggaran untuk Bosda, yang SMA Rp1,6 juta per orang, yang SMK Rp2,1 juta per orang. Inilah bentuk komitmen kita dalam memajukan pendidikan di Riau," ungkapnya. 
 
Di samping itu ia menyebut, dengan adanya pengalihan kewenangan SMA se derajat ke provinsi, maka diyakininya dapat mengurai seluruh persoalan pembiayaan, mulai tingkat satuan pendidikan sampai otonomi pendidikan. 
 
"APBD 2017 diprediksi mencapai Rp8,9 triliun untuk sementara, jika di tambah SiLPA Rp2,1 triliun, maka total APBD 2017 akan menembus angka Rp10 trilun. Jika 30 persen dari Rp10 triliun, maka alokasi dana untuk pendidikan bisa mencapai Rp3 triliun," tutup politisi PAN ini. (ade/rtc)
 



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video