Bengkalis Berencana Lakukan Pemerataan Guru PNS

Bengkalis Berencana Lakukan Pemerataan Guru PNS
Ilustrasi.
BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pendidikan berencana akan melakukan pemerataan guru-guru PNS. Pemerataan tersebut dipastikan terasa berat karena akan berhadapan dengan banyak kepentingan, namun tetap harus dilakukan. 
 
Hal itu terungkap saat acara Rapat Koordinasi Penataan dan Pemerataan Guru TK, SD, SMP, SMA & SMK se-Kabupaten Bengkalis di Hotel Pantai Marina Bengkalis, Senin (14/11/2016).
 
"Saya dapat informasi kalau sebelumnya rencana pemerataan guru ini sudah ada tapi belum terealisasi. Kali ini, saya dengan tegas mengatakan harus jadi,” ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis, Edi Sakura saat memberikan sambutan di hadapan para peserta rapat. 
 
Dikatakan, rencana tersebut memang berat dan akan terbentur dengan banyak kepentingan. Apalagi bukan rahasia umum, bahwa posisi guru-guru PNS di perkotaan sudah ada yang “punya”. Namun, kalau tidak dimulai maka rencana pemerataan guru ini tidak akan pernah terwujud.
 
Sementara Pemerintah Kabupaten Bengkalis menginginkan kualitas pendidikan semakin meningkat.  “Ada sekolah-sekolah di desa-desa yang guru PNS nya hanya 1. Bagaimana sekolah ini bisa maju. Harapan saya, walaupun tidak bisa terpenuhi, jangan sampailah di suatu sekolah itu guru PNS-nya hanya 1,” kata Edi Sakura. 
 
Untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya ketegangan-ketegangan, Edi Sakura berharap proses penataan dan pemerataan guru dilakukan secermat mungkin dengan skala prioritas tertentu. Sebagai contoh, gali kembali permohonan guru-guru yang mengajukan pindah ke desa-desa tapi sampai sekarang belum terealisasi.
 
"Bukan tidak ada yang mau pindah ke desa, ada tapi permohonannya tidak diproses. Mungkin karena berbagai kesibukan, berkas permohonannya tertindih dan kemudian terlupakan. Coba gali kembali,” kata Edi Sakura. 
 
Kemudian, sambung Edi Sakura lagi, usahakan bagi guru PNS yang tidak mengajukan pindah tapi sekolah bersangkutan kelebihan guru PNS, maka guru di sekolah tersebut jangan dipindahkan jauh-jauh.
 
“Barangkali pemerataannya cukup antar kecamatan berbatasan. Bengkalis misalnya, gurunya cukup dipindahkan ke Bantan. Kemudian Bukit Batu dengan Siak Kecil, dan juga kecamatan lainnya,” ujar Edi Sakura seraya mempertegas kalau proses penataan dan pemerataan guru ini sudah mulai dilakukan dalam satu bulan kedepan,” ujar. 
 
Hadir dalam pertemuan tersebut Kabid PLS Agusilfridimalis, Kabid Dikdas Zubari, Kabis Sarana dan Prasarana Emir Akhir Putra,  dan para Kasi di lingkup Disdik Bengkalis. Kemudian  Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bengkalis HM, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bantan Hasan Basri, dan lain-lain. (das/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri