Pelalawan Raih Lima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Provinsi

Pelalawan Raih Lima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Provinsi
Ilustrasi.
PANGKALAN KERINCI - Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Riau memberikan lima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat provinsi Riau kepada Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan.
 
Pemprov Riau menilai Pemkab Pelalawan melalui instansi terkait mampu mendorong, memotivasi, dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan ketahanan pangan guna meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan.
 
Sedangkan lima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara tingkat Provinsi Riau tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Propinsi Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman pada pelaksanaan Hari Pangan Sedunia di hotel Aryaduta Pekanbaru, Kamis (27/10/2016). 
 
"Alhamdulillah, kita dari Dinas Perindustrian, Perdanganan, Pasar (Disperindagsar) kabupaten Pelalawan berhasil meraih dua penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat provinsi Riau yakni Juara I Katogori Pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) Bidang pangan dan juara III Katogori Pelaku usaha industri kecil menengah Bidang Kerajinan Grabah," ujarKepala Disperindagsar Kabupaten Pelalawan Drs H Zuerman Das MM, Ahad (30/10/2016) di Pangkalankerinci. 
 
Dikatakannya, bahwa penghargaan Bidang pangan ini, diraih oleh IKM Amanah Pangkalan Kerinci yang menampilkan makanan kering dan basah dengan bahan-bahan lokal yakni ubi, pisang, sagu dan jagung.
 
Kemudian untuk bidang kerajinan Grabah, diraih oleh IKM Kendi Mas Pangkalan Kerinci yang menampilkan bermacam bentuk kerajinan berupa kendi dan guci dari bahan tanah liat yang berada di kabupaten Pelalawan khususnya kecamatan Pangkalankerinci.  
 
"Dengan adanya penghargaan ini, maka tentunya kita akan terus memberikan motivasi, pembinaan serta pelatihan kepada para IKM ini (IKM Amanah dan IKM Kendi Mas,red). Dan bahkan, untuk meningkatkan skill para IKM ini, maka Insya Allah awal November mendatang, kita akan membawa IKM ini untuk melihat hasil usaha IKM di Jogjakarta. Untuk itu, kita harap penghargaan ini dapat meningkatkan semangat para IKM di Kabupaten Pelalawan untuk mengharumkan nama Negeri Seiya Sekata baik tingkat Propinsi hingga tingkat Nasional kedepannya," sebutnya. (max/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri