Klinik Berhenti Merokok Hadir di RS Awal Bros

Klinik Berhenti Merokok Hadir di RS Awal Bros
Gathering RS Awal Bros bersama media

PEKANBARU - Penyakit jantung masih menjadi perbunuh nomor satu di Dunia. Salah satu penyebab gangguan fungsi jantung disebabkan oleh rokok.

Rokok derdapat kandungan zat berbahaya yang dapat merusak kesehetan tubuh si perokok. Kandungan bahaya yang dimaksud di antaranya adalah tar, noktin, karbon monoksida, arsen, formalin, nitrosamine.

Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

Selain itu perokok juga rentan terhadap Penyakit Jantung Koroner (PJK). Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.

Mencegah risiko kanker paru dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) bagi perokok aktif, Rumah Sakit (RS) Awal Bros Kota Pekanbaru menghadirkan Klinik Berhenti Merokok (KBM).

Manajer Marketing RS Awal Bros, Sudirman Pekanbaru,  Dr Hani Mariana Mars menyebut klinik berhenti merokok ini dibuka dengan tujuan untuk menghentikan kebiasaan merokok serta memperlambat perjalanan penyakit dan memperbaiki kualitas hidup bagi si perokok.

Disebutkannya pada KBM ini, pihaknya membuka tarif pelayanan perkunjungan dan perpaketnya dengan tarif sesuai dengan tarif umum rumah sakit. Untuk paket tiga bulan, pasien hanya cukup membayar Rp600 ribu.

Dijelaskan dr Hani, dalam paket tersebut pasien akan mendapatkan berbagai layanan kesehatan seperti konseling dari dokter umum, konsultasi dokter spesialis paru, konsultasi psikiater, dan pemeriksaan CO ANALYZER.

"If Healty is your choice, please join us healthy community-Healthy Lifestyle," kata dr Hani dalam gathering RS Awal Bros bersama awak media, di gedung di Awaloeddin function Hall Lantai A RS Awal Bros Pekanbaru, Sabtu (22/10/2016). 

Ia mengajak seluruh para perokok aktif agar mengurangi konsumsi merokok yang juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan terutama kesehatan paru dan pernafasan.

Selain klinik berhenti merokok, RS Awal Bros juga meluncurkan pelayanan yang terbilang baru,  yakni Sleep Clinik. Layanan ini diluncurkan untuk masyarakat dengan gangguang tidurnya. Mulai dari insomnia serta prilaku tak sehat setelah bangun tidur.  (das)

 


Berita Lainnya

Index
Galeri