Pemerintah Targetkan Kuota Haji Indonesia Tahun 2017 Capai 211 Ribu

Pemerintah Targetkan Kuota Haji Indonesia Tahun 2017 Capai 211 Ribu
Ilustrasi.
JAKARTA - Kementerian Agama menargetkan kuota haji Indonesia pada tahun 2017 mendatang mencapai 211 ribu orang. Saat ini, kuota haji Indonesia masih sebanyak 168 ribu orang.
 
"Diharapkan mulai tahun 2017, kuota haji Indonesia akan kembali ke kuota dasar sebanyak 211.000," kata Juru Bicara Kementerian Agama Rosidin Karidi, dilansir Tempo.co, Selasa (27/9/2016).
 
Jika target tersebut tercapai, Rosidin mengatakan akan terjadi pergeseran perkiraan berangkat jemaah haji. Jemaah haji yang telah mendaftar dengan memasukkan nomor porsi, akan dapat melihat perkiraan kapan berangkat berdasarkan kuota tahun ini.
 
Ia mengatakan masyarakat bisa mencari info pasti keberangkatan lewat situs resmi Kementerian Agama di haji.kemenag.go.id. "Siapapun pengguna internet dapat mengakses," kata dia.
 
Rosidin juga mengklarifikasi informasi berantai yang beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan Menteri Agama Lukman Hakim Sarifudin bertemu dengan Raja Salman dari Arab Saudi.
 
Dalam pertemuan itu, disebutkan mereka menyepakati mulai tahun 2017, kuota haji Indonesia ditambahkan 100 ribu per tahun. "Itu hoax, terutama yang di bagian awal. Karena viral maka broadcast itu mengalami improvisasi ditambah dengan informasi menarik," kata Rosidin. (max/tmp)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri