Ponsel Nokia Segera Bangkit dari Kubur

Ponsel Nokia Segera Bangkit dari Kubur
Ilustrasi
JAKARTA - Ponsel Nokia akan segera bangkit dari kubur, bahkan kabarnya merek yang pernah berjaya di masa lalu tersebut siap meluncurkannya dalam waktu dekat.
 
Perlu diingat, bahwa ponsel berlabel Nokia itu tidak lagi diproduksi langsung oleh kelompok bisnis Nokia yang berbasis di Finlandia maupun Microsoft, karena kedua perusahaan itu telah melisensikan merek ponsel dan tablet Nokia ke pihak lain.
 
Pada Mei lalu, kelompok bisnis Nokia dari Finlandia melisensikan hak merek dan kekayaan intelektual Nokia Technologies kepada HMD Global untuk membuat tablet dan ponsel bermerek Nokia selama 10 tahun ke depan. Nokia Technologies akan menerima pembayaran royalti dari HMD atas penjualan produk.
 
HMD nantinya juga akan berkolaborasi dengan FIH Mobile, sebuah perusahaan yang pada Mei lalu juga mengumumkan telah mengakuisisi aset bisnis ponsel fitur Microsoft sebesar US$350 juta, termasuk bisnis manufaktur, penjualan, dan distribusi. FIH tak lain adalah anak perusahaan Foxconn (Hon Hai Precision Industry) di Vietnam.
 
Nah, kolaborasi ini semakin memantapkan merek Nokia untuk dilempar ke pasaran dengan menunjuk Pekka Rantala sebagai Chief Marketing Officer. 
 
Sebelumnya, pria Finlandia ini memang menghabiskan waktunya dengan memimpin Rovio—studio game Angry Birds—sebagai CEO.
 
Nantinya ponsel Nokia ini akan mengadopsi Android. Sementara HMD Global menyatakan keseriusannya dengan menggelontorkan dana hingga US$ 500 juta untuk bisa memasarkan merek legendaris tersebut selama 10 tahun ke depan.
 
Sebelumnya Nokia sempat membuat ponsel berbasis Android dalam lini produk Nokia X ketika perusahaan berbasis Espoo itu masih dipimpin Stephen Elop. Nokia X tidak lagi dikembangkan setelah unit bisnis ponsel dan layanan Nokia resmi diambil alih Microsoft pada 2014. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri