Mendikbud Usulkan Sistem Full Day School, Seperti Apa?

Mendikbud Usulkan Sistem Full Day School, Seperti Apa?
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr Muhadjir Effendy.
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Muhadjir Effendy mengusulkan sistem "full day school" untuk pendidikan dasar (SD dan SMP), baik negeri maupun swasta. Tujuannya agar anak tidak sendiri ketika orang tua mereka masih bekerja.
 
"Dengan sistem full day school ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi 'liar' di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang dari kerja," kata Mendikbud di Malang, Ahad (7/8/2016). 
 
Menurut Muhadjir, seperti dilansir Antara, kalau anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau mengaji sampai dijemput orang tuanya usai jam kerja. Dan, anak-anak bisa pulang bersama-sama orang tua mereka, sehingga ketika berada di rumah, mereka tetap dalam pengawasan, khususnya orang tua.
 
Untuk mengaji, katanya, pihak sekolah bisa memanggil guru ngaji atau ustaz yang sudah diketahui latar belakang dan rekam jejaknya. Tetapi kalau mereka mengaji di luar, dikhawatirkan ada yang mengajarkan hal-hal yang menyimpang dari Islam.
 
Menyinggung penerapan full day school bagi pendidikan dasar tersebut, mantan Rektor UMM itu mengatakan saat ini masih terus dilakukan sosialisasi di sekolah-sekolah, mulai di pusat hingga di daerah.
 
"Nantinya memang harus ada payung hukumnya, yakni peraturan menteri (Permen), tapi untuk saat ini masih sosialisasi terlebih dahulu secara intensif," ujarnya. (ade/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri