Lapan Imbau Masyarakat Padamkan Lampu 1 Jam Mulai Pukul 20.00 Malam Ini, Ada Apa?

Lapan Imbau Masyarakat Padamkan Lampu 1 Jam Mulai Pukul 20.00 Malam Ini, Ada Apa?
Ilustrasi.
JAKARTA - Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) mengimbau agar masyarakat setidaknya rela memadamkan lampu sejenak pada 6 Agustus hari ini. Ada apa gerangan?
 
Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mempublikasikan kampanye bertajuk 'Malam Langit Gelap' di laman Facebooknya yang mengajak masyarakat agar mengurangi polusi cahaya pada malam hari, Sabtu (6/8/2016).
 
Cukup satu jam saja, yakni pada pukul 20.00-21.00, Thomas ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurangi polusi cahaya.
 
"Tanggal 6 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Keantariksaan. Kampanye 'Malam Langit Gelap' ini tujuannya membangun kesadaran publik tentang pentingnya menyelamatkan kegelapan malam dari polusi cahaya yang telah menyita keindahan langit malam," tulis Thomas beberapa hari lalu.
 
Selama ini bisa dibilang wilayah perkotaan sangat boros lampu, khususnya pada malam hari. Thomas mengajak masyarakat agar lebih bisa menghargai keindahan langit sejenak apabila polusi cahaya bisa dikurangi.
 
"Besok semua lampu di luar ruangan, kalau bisa termasuk lampu jalan, dimatikan. Cukup satu jam saja. Saat langit mulai gelap total karena Matahari sudah terbenam, matikan lah lampu luar. Kita bersama-sama keluar ruangan untuk menyaksikan langit," ujarnya.
 
Menurutnya, jika satu jam polusi cahaya bisa betul-betul dikurangi, setidaknya masyarakat bisa menyaksikan Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang membentang dari utara ke selatan.
 
Selain itu, warga juga berkesempatan melihat Mars yang bercahaya warna merah dan planet bercincin Saturnus. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri