Wuih... Kata Mendagri, Ada Daerah yang Habiskan 82 Persen APBD Hanya untuk Belanja Pegawai

Wuih... Kata Mendagri, Ada Daerah yang Habiskan 82 Persen APBD Hanya untuk Belanja Pegawai
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengungkap daerah-daerah yang memiliki persentase jumlah belanja pegawai terbesar di Indonesia, termasuk daerah yang mengalokasikan 82 persen anggaran pendapatan dan belanja tiap tahun hanya untuk belanja pegawai. 
 
Tjahjo enggan membuka identitas daerah tersebut. Namun, ia berkata bahwa daerah itu merupakan kawasan administrasi yang baru terbentuk enam tahun lalu.
 
Dengan alokasi belanja pegawai hingga 82 persen, artinya daerah tersebut hanya mengalokasikan 18 persen anggaran untuk belanja modal atau pembangunan.
 
"Saya tidak sebut daerah ya, tapi ada kabupaten yang belanja pegawainya sampai 82 persen (dari jumlah APBD). Itu daerah sudah hampir 6 tahun berdiri," Kata Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat (5/8/2016).
 
Penyerapan anggaran yang tinggi untuk sektor belanja pegawai memang sedang disoroti Pemerintah pusat. Untuk mengatasi masalah laten tersebut, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah yang baru disahkan pertengahan Juni lalu.
 
Menindaklanjuti terbitnya PP Perangkat Daerah, Tjahjo mengimbau pemda se-Indonesia segera mengesahkan Peraturan Daerah tentang Organisasi Perangkat Daerah. 
 
Perda tersebut nantinya akan menentukan komposisi pejabat dan dinas di daerah sehingga mempengaruhi penyusunan anggaran daerah. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri