Terpidana Mati Sudah Mulai Dipindahkan ke Nusa Kambangan, Eksekusi Jilid III Kian Dekat?

Terpidana Mati Sudah Mulai Dipindahkan ke Nusa Kambangan, Eksekusi Jilid III Kian Dekat?
Ilustrasi
JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly irit bicara soal eksekusi terpidana mati jilid III. Namun ia mengakui terdapat beberapa napi dengan vonis mat yang telah dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.
 
"Kalau Jaksa Agung perintahkan, kami siap. Memang sudah ada yang dipindahkan," kata Yassona setelah memimpin rapat koordinasi di kantornya di Jakarta, Senin (25/7/2016) seperti dilansir Tempo.co. Selebihnya, kata Yasonna, eksekusi adalah kewenangan Kejaksaan Agung.
 
Ia menjamin kondisi menjelang eksekusi mati di Nusakambangan aman. Menurut dia, pemindahan terpidana dari satu tempat ke tempat lain adalah hal wajar. Pihak keluarga pun akan diberi tahu apabila eksekusi sudah dipastikan. "Itu biasa, pemindahan orang itu biasa. Kami tinggal tunggu arahan," ujarnya.
 
Pada Jumat pekan lalu, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo belum mau menyebutkan waktu eksekusi mati yang ketiga ini. Ia pun masih enggan menyebutkan identitas terhukum mati yang akan dieksekusi kali ini, meski disebutkan ada WNA. "Jumlahnya berapa, nanti saya kasih tahu," tutur Prasetyo di kantornya.
 
Sumber di Kejaksaan Negeri Tangerang, diberitakan Tempo.co menyebutkan salah seorang terpidana mati, Merri Utami, sudah dipindahkan ke LP Nusakambangan. Ia adalah terpidana mati heroin 1,10 kilogram.
 
Persiapan eksekusi pun disebutkan sudah dilakukan mendetail. "Kami tinggal menunggu hari H (eksekusi)," ucap seorang jaksa di Kejaksaan Negeri Tangerang. Ia mengatakan sejumlah jaksa di Kejaksaan Negeri Tangerang turut mendampingi Merri di Cilacap.
 
Yasonna menambahkan, jumlah dan upaya banding yang diajukan beberapa terpidana mati sepenuhnya wewenang Kejaksaan Agung. Terkait dengan koordinasi dengan Kejaksaan Agung tentang kepastian eksekusi, ia hanya merespons, "Kalau sinyal, ada terus." (max/tmp)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri