Android Anda Pernah Bootloop? Ini Penyebabnya

Android Anda Pernah Bootloop? Ini Penyebabnya
Ilustrasi

PEKANBARU - Handphone dengan sistem android telah banyak digunakan oleh masyarakat tak terkecuali warga Pekanbaru. Kelebihan dari android, biasanya dimanfaatkan untuk browsing internet seperti membuka sosial media, membuka email, bermain game, dan lain-lain.

Meski banyak kelebihan, ternyata android juga memiliki kelemahan seperti masuknya virus melalui aplikasi yang didownload secara tak resmi atau ilegal dan dapat menyebabkan android tersebut bootloop.

Seorang Teknisi Handphone, Adi Lingkar menjelaskan, bootloop adalah kerusakan pada sistem yang menyebabkan menu tidak tampil atau blank putih. Penyebab dari bootloop antara lain juga disebabkan oleh menginstal aplikasi yang melebihi kapasitas, root handphone dengan aplikasi lain yang bersifat ilegal, masuknya virus dan menyebabkan file pada android corrupt atau rusak. 

"Android yang bootloop dapat diperbaiki dengan cara menginstal ulang, dan ada kemungkinan android yang diinstal ulang juga dapat mati total," kata Adi, Jumat (22/7/2016).

Lanjutnya, apabila android telah diperbaiki masih juga terjadi bootloop, sebaiknya diganti ic nya. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami penggunaan android secara baik dan benar.

"Penyebab kerusakan android seperti LCD dan touchscreen dikarenakan penggunaan yang tidak benar atau sembarangan," jelasnya. (snd)


Berita Lainnya

Index
Galeri